Transjakarta Cibubur-Cawang Bakal Beroperasi lagi 24 Januari
TransJ Rute Cibubur-Cawang

Transjakarta Cibubur-Cawang Bakal Beroperasi lagi 24 Januari

Jakarta (RJ) – Bus Transjakarta Cibubur-Cawang dipastikan bakal segera kembali dibuka pada bulan ini, mengingat moratorium rute tersebut segera berakhir.

“Tanggal 23 (Januari) akan berakhir. Tanggal 24 (Januari) akan jalan lagi,” ujar Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI, Andri Yansyah, di Kereta Wisata dari Yogyakarta ke Jakarta, Ahad (15/1/2017).

Dishub pun bersepakat dengan K56, dimana bus Transjakarta yang beroperasi pada rute itu terbatas. Hanya mengoperasikan 4-5 unit.

“Tapi, ada catatan. Kalau seandainya demand masyarakatnya banyak, tidak menutup kemungkinan akan kita tambah,” bebernya.

Awalnya, kata Andri, ada empat tawaran yang muncul dalam pertemuan antara Dishub DKI dengan pihak K56. Pertama, pengurangan armada TransJakarta yang beroperasi.

Kedua, K56 hanya melayani penumpang sampai Cibubur sebagai feeder. Sedangkan Cibubur-Cawang ‘jatah’ bus Transjakarta.

“Ketiga, mereka mengajak digabung ke Transjakarta. Kita enggak bisa, karena K56 berada di koperasi yang bukan operator DKI,” ungkapnya.

“Keempat, mereka minta kita beli saja K56 tersebut. Namun, juga tidak bisa, karena bukan di operator DKI,” sambung Andri. Akhirnya, yang disepakati hanya opsi pertama dengan catatan K56 meremajakan armadanya.

Ada pula ide mengubah tipe bus K56 dari ukuran sedang ke ukuran kecil. Alasannya, mengurangi bebasn masyarakat.

“Mungkin itu lebih bisa memberikan kompetisi yang lebih sehat,” tutupnya.

Sebelumnya, PT Transjakarta menghentikan sementara operasional layanan Cibubur Junction untuk rute perjalanan Depok-UKI Cawang. Direktur Utama PT Transjakarta Budi Kaliwono menjelaskan aturan itu mulai berlaku Sabtu (24/12/2016).

Budi meminta maaf kepada pelanggan rute Cibubur, Jakarta Timur.

“Sulit bagi kami untuk layani (beri pelayanan) maksimal pelanggan di Cibubur,” kata Budi dalam keterangan tertulis yang diterima wartawan, Jumat (23/12/2016).

Ia belum bisa memastikan, kapan bus Transjakarta rute Depok-UKI kembali beroperasi dengan rute Cibubur. Dia berjanji, akan menginformasikan hal ini lebih lanjut.

Adapun penghentian sementara ini merupakan dampak dari aksi unjuk rasa yang dilakukan sejumlah sopir angkot K56 jurusan Cawang-Cileungsi. Sopir itu menuntut agar Transjakarta tidak lagi mengangkut penumpang di depan Cibubur Junction.

Pasalnya, banyak penumpang angkot yang beralih menggunakan Transjakarta karena tarifnya lebih murah dan busnya dilengkapi AC.

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Sumarsono yang menemui sopir angkot K56 itu memutuskan untuk moratorium rute Transjakarta Depok-UKI selama satu bulan dan tidak mengangkut penumpang di depan Cibubur Junction.

“Kami akan berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta untuk menemukan solusi dari kendala ini,” kata Budi. [A1]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d blogger menyukai ini: