Tak Hanya Buahnya Berkasiat, Daun Pare Ternyata juga Bisa Sembuhkan Tipes

Tak Hanya Buahnya Berkasiat, Daun Pare Ternyata juga Bisa Sembuhkan Tipes

Jonggol (RJ)  – Pare biasanya digunakan untuk masakan dan kebanyakan orang menyukai pare karena rasanya yang pahit. Namun, dibalik rasa pahit itu pare menyimpan banyak kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan.

Dan tak hanya buahnya, daun pare juga sering digunakan sebagai pengobatan alternatif untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Bahkan tanaman yang masih terkait dalam sayuran ini sudah dimanfaatkan oleh beberapa pakar herbal untuk membuat ramuan pengobatan. Baik itu bahan utamanya maupun pengkombinasian terhadap bahan alami lainnya.

Adapun salah satu manfaat daun pare yang cukup besar adalah mampu mengobati penyakit tipes secara alami.

Tipes (salmonella thyposa) merupakan penyakit yang kerap ditandai dengan demam tinggi pada tubuh, sakit kepala, perut kembung, muntah, sembelit, diare bahkan nyeri otot yang sering disebabkan karena penyerapan nutrisi makanan yang terhambat. Yang mana terhambatnya nutrisi ini diakibatkan oleh usus kecil yang terkena infeksi atau rusak.

Tipes terjadi karena adanya bakteri salmonella pada makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Bahkan memang tipes juga penyakit yang bisa menular melalui media air yang terkontaminasi juga dapat ditularkan oleh orang yang sedang terinfeksi. Tapi, anda tak perlu khawatir akan hal ini karena daun pare bisa membantu tipes anda secara alami.

Daun pare diketahui memiliki kandungan protein tinggi, mineral dan juga vitamin. Dimana kemampuan daun pare ini mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu mengatasi penyakit tifus yang anda derita secara alami. Namun, selain tifus daun pare juga dikenal berguna bagi penderita malaria.

Adapun cara menggunakan daun pare sebagai obat cukup mudah dan bisa anda lakukan dirumah. Berikut ini beberapa langkah membuat ramuan dari daun pare antara lain:

  • Siapkan beberapa helai daun pare, lalu tumbuk dan tambahkan satu cangkir air
  • Kemudian peras daun pare sampai mendapatkan satu cangkir ramuan daun pare
  • Setelah itu, minum ramuna daun pare secara rutin sebanyak dua kali sehari
  • Dan lakukan langkah satu ini sampai gejala tifus anda hilang

Mengolah ramuan daun pare sebagai obat tipes memang telah dikategorikan alami. Namun, dibalik penangan tersebut tak akan cukup bahkan menggunakan ramuan daun pare secara berlebih sangat tidak dianjurkan. Karena jika terus menerus digunakan dapat berdampak buru bagi kesehatan tubuh lainnya. [A1]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d blogger menyukai ini: