Tahun ini Dana Desa Ditargetkan Terserap Rp 60 Triliun
Eko Putro Sandjojo, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi

Tahun ini Dana Desa Ditargetkan Terserap Rp 60 Triliun

Sumedang (RJ) – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo menargetkan penyerapan dana desa tahun 2017 mencapai 100 persen. Tahun ini anggaran dana desa mencapai Rp 60 triliun.

Eko mengatakan salah satu optimalisasi penyerapan dana desa itu dilakukan dengan membentuk tim Saber Pungli. Tim ini melibatkan berbagai unsur, seperti kepolisian, KPK, dan kejaksaan. Tugasnya melakukan pengawasan hingga penindakan.

“Jadi setiap ada laporan masyarakat (penyelewengan dana desa), langsung ditindaklanjuti oleh tim Saber Pungli,” kata Eko setelah mengisi ceramah umum di kampus IPDN, Jatinangor, Sumedang, Rabu (18/1/2017).

Menurutnya, dengan peningkatan pengawasan tersebut, dana desa akan terserap secara optimal. Dengan begitu, dana desa senilai Rp 60 triliun yang sudah dianggarkan pemerintah pada 2017 termanfaatkan dengan baik.

“Dana desa ini tentunya akan menyentuh seluruh desa di Indonesia. Pemerintah pusat akan menyalurkannya lewat pemerintah daerah, baru kepada aparat desa,” ungkap Eko.

“Tapi, sebelum ada laporan penyerapan dana desa tahun lalu, untuk anggaran tahun ini tidak akan cair. Kades harus bisa memastikan tidak terganggu untuk pencairan tahap selanjutnya,” katanya. [A3]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d blogger menyukai ini: