Suzuki Luncurkan Ertiga Diesel Hybrid, selain Irit juga Dilengkapi Fitur Unggulan
Suzuki Ertiga Diesel Hybrid

Suzuki Luncurkan Ertiga Diesel Hybrid, selain Irit juga Dilengkapi Fitur Unggulan

Jakarta (RJ) – Suzuki Indomobil Sales (SIS) meluncurkan Ertiga Diesel Hybrid. Salah satu fitur andalan pada Ertiga Diesel adalah Idling Stop/Start System.

Fitur itu memungkinkan mesin mati ketika mobil berhenti, tapi kelistrikan mobil seperti audio dan AC bisa tetap menyala. Dengan fitur itu, energi yang terbuang pun berkurang dan konsumsi bahan bakar lebih irit.

Head of Brand Development & Marketing Research 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Harold Donnel menjelaskan, fitur ini bisa diaktifkan dengan menekan tombol Idling Stop/Start System di sebelah kanan setir.
Syaratnya untuk mengaktifkan fitur ini adalah pengemudi harus memakai seatbelt, pintu mobil dan kap mesin tertutup rapat, tidak menginjak kopling, transmisi dalam keadaan netral dan mesin tidak digas-gas.

“Mesin bisa mati kurang lebih selama 3 menit tergantung dari kapasitas baterai pada saaat mobil berhenti,” kata Harold di Jakarta.

Namun, angka 3 menit itu tidak baku. Jika baterai dalam keadaan kosong, maka mesin bisa mati kurang dari 3 menit.

“Tergantung dari baterai kosong atau penuh. Apabila penuh kurang lebih engine mati 3 menit, tapi kelistrikan menyala. Apabila baterai habis, maka secara otomatis mesin menyala kembali. Tapi setidaknya kita bisa saving 3 menit dari energi yang terbuang,” ujar Harold.

Harold mengatakan, Ertiga Diesel Hybrid belum diproduksi di Indonesia dan mobil ini masih diimpor secara utuh (completely build up/CBU). “Kendaraan ini adalah CBU dari India,” katanya.

Namun, SIS memiliki rencana untuk memproduksi Ertiga Diesel di Indonesia. Saat ini Suzuki sedang mengetes respons pasar.

“Ke depannya kami juga sedang studi bagaimana kami bisa membuat produk ini bisa dilokalkan atau CKD,” kata Harold.

“Saat ini kami sedang cek respons dari pasar bagaimana respons pasar mengenai Ertiga kami dengan hybrid system. Jadi kami bisa bilang bahwa kami ada planning untuk merakit di Indonesia ke depannya. Kalau responsnya bagus, kami akan rakit di sini,” tambah Marketing Director SIS, Donny Ismi Saputra di kesempatan yang sana.
Ertiga ini dijual dengan harga Rp 219,5 juta on the road Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi.
Ertiga Diesel Hybrid hanya ditawarkan dengan transmisi manual. Mobil ini hadir dalam tiga pilihan warna yaitu Superior White, Granite Grey Metallic dan Silky Silver Metallic.

Ertiga Diesel Hybrid menggunakan mesin Diesel D13A berkapasitas 1.300 cc DOHC. Mesin itu ditambah dengan teknologi DDiS (Diesel Direct Injection System).

Mesin diesel itu diklaim mampu menyemburkan tenaga hingga 89 PS pada 4.000 rpm. Sementara torsi maksimalnya bisa mencapai 200 Nm yang sudah terisi pada 1.750 rpm. Mobil tersebut dibanderol Rp 219,5 juta OTR di Jabodetabek. [A2]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d blogger menyukai ini: