Serapan APBD Kabupaten Bogor Alami Peningkatan

Serapan APBD Kabupaten Bogor Alami Peningkatan

Bogor (RJ) – Meski tak signifikan, perhitungan serapan APBD Kabupaten Bogor, terus mengalami pergerakan atau peningkatan.

Hal itu, diungkapkan Sekretaris Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Bogor, Relly Gumbiraely.
Menurutnya, belum semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dimasukan jurnal Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah (SIPKD).

Ia menambahkan, nominal serapan anggaran hingga kini masih divalidasi hingga nanti ditetapkan dalam audit oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Sementara itu, Bupati Bogor Nurhayanti merinci, realisasi kelompok belanja langsung yang mencapai 97.50 persen dari alokasi Rp3,47 triliun yang dianggarkan.

Sedangkan, kelompok belanja langsung yang terserap 88 persen dari Rp 3,55 triliun.

“Cukup baik di tahun ini, apalagi angka Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (SILPA) di tahun 2016 sebesar Rp700 milyar,” bebernya.

Pada 2016, kata dia, terdapat over pendapatan Rp127 miliar dari target Rp 5,795 triliun dan efisiensi paket lelang sebesar Rp 600 miliar.

Selama dua tahun anggaran, yakni 2014 dan 2015, angka SILPA di atas Rp1 triliun. Hal itu juga menjadi Pemkab Bogor terus berbenah. Salah satunya mengawasi penggunaan anggaran di tahun 2016. “Saat ini masih rekon,” ucap Nurhayanti, [A4]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d blogger menyukai ini: