Revisi UU MD3 Mulai Dibahas Pekan Depan
Wakil Ketua DPR Fadli Zon

Revisi UU MD3 Mulai Dibahas Pekan Depan

Jakarta (RJ) – Presiden Joko Widodo sudah mengirim surat untuk pembahasan Revisi UU tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD (MD3) ke DPR. DPR akan mulai membahas revisi UU MD3 tersebut pekan depan.

Surat presiden (surpres) UU MD3 sudah dibacakan di rapat paripurna DPR pada Rabu (15/3) kemarin. Selanjutnya, pembahasan dilanjutkan ke Badan Musyawarah (Bamus).

“Kita sudah bacakan. Rencana Bamus-nya hari Senin. Hari Senin diserahkan ini kepada Baleg atau kepada komisi. Tapi kemungkinan cukup di Baleg,” ujar Fadli di Senayan, Jakarta, Kamis (16/3/2017).

Revisi UU MD3 itu awalnya diwacanakan oleh PDIP dengan tujuan penambahan kursi pimpinan DPR dan MPR. Dalam perkembangannya, banyak usulan dari fraksi-fraksi soal revisi UU MD3.

Sebelumnya, dalam pidato pembukaan masa sidang IV tahun 2016-2017, Ketua DPR RI Setya Novanto mengatakan sejumlah RUU juga akan dibahas dalam masa sidang tersebut, salah satunya tentang UU MD3. Hal itu disampaikannya di Ruang Rapat Paripurna Nusantara II, Senayan, Rabu (15/3/2017).

“DPR juga sedang melakukan pembahasan beberapa RUU yang sangat diharapkan dapat diselesaikan pada masa sidang ini. Yaitu pertama RUU tentang Penyelenggaraan Pemilihan Umum, kedua RUU tentang Perubahan Kedua atas UU Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD, ketiga RUU tentang Kitab UU Hukum Pidana,” ucap Novanto dalam pidatonya.

“Keempat RUU tentang Perubahan atas UU Nomor 15 Tahun 2013 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme, kelima RUU tentang Perlindungan Pekerja Indonesia di Luar Negeri. Keenam RUU tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak, ketujuh RUU tentang Arsitek, kedelapan RUU tentang Larangan Minuman Beralkohol, kesembilan RUU tentang Sistem pembukaan dan kesepuluh RUU tentang Kebudayaan,” sambungnya.

Meskipun masa sidang IV relatif singkat, DPR akan berkomitmen mempercepat proses pembahasan RUU yang menjadi prioritas di tahun 2017. Novanto akan terus mengimbau kepada Komisi, Pansus dan pihak terkait agar segera menyelesaikan tugas masing-masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d blogger menyukai ini: