Raja Salman akan berpidato di DPR
Raja Salman bin Abdul Aziz

Raja Salman akan berpidato di DPR

Jakarta (RJ) – Raja Arab Saudi, Salman Bin Abdul Aziz Al Saud, dijadwalkan akan berpidato di depan sidang paripurna DPR, di Gedung Parlemen, Jakarta, Kamis (2/3/20170 siang ini.

Dalam jadwal sementara yang dikeluarkan Sekretaris Jenderal DPR, di Jakarta, Kamis, Raja Salman dijadwalkan tiba pada pukul 13.00 WIB dan menyampaikan pidato selama 10 menit sebelum mengakhiri kunjungannya pada pukul 13.30 WIB.

Sebelum Raja Salman tiba, pada pukul 11.00 WIB dilakukan pengecekan akhir, pukul 12.30 WIB tamu undangan diharapkan sudah hadir di ruang sidang paripurna I untuk menyaksikan pemutaran film kunjungan Raja Faisal. Raja Salman diperkirakan datang sekitar pukul 13.00 WIB didampingi Menko, Menag Lukman Hakim, dan Menlu Retno LP Marsudi dan disambut Ketua DPR Setya Novanto.

Pada waktu yang sama, Novanto memperkenalkan Raja Salman kepada Ketua DPD Mohammad Saleh, Ketua MPR Zulkifli Hasan, serta pimpinan DPR di lobi gedung Nusantara. Usai diperkenalkan, Zukilfi, Saleh, dan wakil ketua DPR naik terlebih dahulu di pintu ruang utama ruang paripurna I. Sementara, Raja Salman menandatangani piagam kedatangan didampingi Novanto sebelum naik ke lantai 3.

Lima menit berselang, sekitar pukul 13.05 WIB Raja Salman tiba di depan ruang paripurna I disambut Zulkifli, Saleh, dan pimpinan DPR sebelum memasuki ruang sidang paripurna I. Saat di ruangan, Novanto duduk di samping Raja Salman, wakil ketua DPR duduk di kursi pimpinan, Ketua MPR dan Ketua DPD duduk di bangku sisi barat.

Usai MC membuka acara, Novanto diberi kesempatan menyampaikan sambutan pada pukul 13.10 WIB dan Raja Salman akan berpidato sekitar pukul 13.20 WIB. Sekitar pukul 13.30 WIB, Raja Salman bersama pimpinan DPR, Ketua MPR, dan Ketua DPD berfoto bersama dan Raja Salman langsung beranjak dari gedung DPR.

Usai dari gedung DPR, Raja Salman langsung bertolak ke Masjid Istiqlal. Presiden Joko Widodo nantinya direncanakan bertemu Raja Salman di Masjid Istiqlal.

Kerajaan Arab Saudi memiliki keunikan dalam pewarisan tahta kerajaan. Jika suksesi kepemimpinan kerajaan-kerajaan lain berlangsung dari ayah ke anak dan seterusnya, maka di Kerajaan Arab Saudi hal itu berlangsung dari saudara raja ke saudaranya yang lain dari ibu yang berbeda.

Dinasti yang kini berkuasa di Kerajaan Arab Saudi adalah Dinasti Ibnu Saud, yang memulai kekuasaannya pada 1932 dengan Raja Abdulaziz (26 November 1876 – 9November 1953) sebagai raja pertama. Dia adalah anak sulung dari Abdul Rahman bin Faisal, di mana sang ayah ini penguasa terakhir Emirat Nedj di Riyadh.

Mereka dikenal sebagai warga Rumah Saud (House of Saud), yang menguasai Arab (belum memakai kata Saudi sebagai nama resmi kerajaan) bagian tengah selama 130 tahun sebelum mereka ditundukkan rival utamanya, keluarga Rashidi, pada 1890.

Akhirnya mereka bisa merebut lagi dominasi kekuasaan mereka pada 1902. Adalah Abdulaziz bin Abdul Rahman yang memimpin itu semua, sampai dia naik tahta pada 22 September 1932.

Raja Salman (lahir pada 31 Desember 1935, naik tahta pada 23 Januari 2015) menggantikan abang tirinya, Raja Abdullah, yang berkuasa sejak 1 Januari 2005-23 Januari 2015, saat dia wafat dan dimakamkan. [A1]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d blogger menyukai ini: