Purwakarta Bikin Penerimaan Tenaga Kerja Online
Calon Wakil Gubernur Jawa Barat dama Pilgub 2018

Purwakarta Bikin Penerimaan Tenaga Kerja Online

Purwakarta (RJ) – Praktik percaloan selama ini menjadi salah satu momok bagi pencari kerja di Kabupaten Purwakarta. Bahkan untuk bisa masuk kerja para calo tersebut meminta sejumlah uang dengan nominal cukup besar yakni Rp 2 hingga 10 juta per orang.

Pemkab Purwakarta kini memberikan solusi bagi para pencari kerja. Mereka tidak perlu lagi berurusan dengan para oknum dan akan langsung terhubung dengan perusahaan-perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan melalui sistem online.

“Hari ini saya keluarkan Perbup No 80 tahun 2017 tentang Rekrutmen dan Penempatan Tenaga Kerja Secara Online. Perbup ini akan langsung disebar ke semua perusahaan,” ujar Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi, Selasa (14/2/2017).
Dedi mengatakan, selama ini proses rekrutmen tenaga kerja banyak yang melibatkan beberapa pihak. Karena itu tak jarang para pencari kerja harus memuluskan hal tersebut dengan uang ‘pelicin’ hingga jutaan rupiah.

Sistem rekrutmen secara online melalui aplikasi khusus itu akan diluncurkan minggu depan. Pencari kerja tidak lagi akan berurusan dengan pihak lain selain dengan HRD perusahaan.

“Jadi para pencari kerja tinggal memasukan data diri melalui aplikasi yang minggu depan akan diluncurkan. Dalam aplikasi itu juga perusahaan akan bisa memilah kriteria yang mereka butuhkan. Jadi tidak ada lagi yang manual dan meminimalisir tatap muka dengan kelompok tertentu,” ucapnya.

Selain menguntungkan para pencari kerja, sistem rekrutmen online pun akan membantu perusahaan menghindari oknum-oknum yang mengatasnamakan kelompok tertentu dari pungli.

“Dengan Perbup dan aplikasi nanti, perusahaan punya dasar hukum yang kuat menghindari kelompok atau percaloan,” pungkas Dedi. [A4]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d blogger menyukai ini: