Polri akan Berlakukan Contra Flow di Tol Jakarta-Cikampek

Suasana kepadaan di Tol Cikampek

Jakarta (RJ) – Malam ini arus lalu lintas dari Jakarta menuju luar kota menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur mengalami kepadatan di libur panjang malam ini. Untuk mengurai kepadatan, polisi akan memberlakukan contra flow.

“Contra flow diberlakukan situasional jika terjadi kemacetan menjelang rest area Tol Jakarta-Cikampek,” ujar Kasubdit Pembinaan dan Penegakan Hukum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto, Jumat (9/12/2016).

Budiyanto menjelaskan, contra flow akan diberlakukan untuk mengantisipasi hambatan arus lalu lintas di rest area KM 19 dan KM 33 serta Gerbang Utama Tol Cikarang Utama. Untuk mengantisipasi hal itu, polisi akan melakukan contra flow dari mulai KM 36-46.

“Tadi siang sudah dilakukan contra flow dari KM 14-22 pukul 14.00-14.50 WIB, untuk sekarang masih normal,” imbuh Budiyanto.

Sementara untuk mengantisipasi kemacetan di rest area KM 39 akan diberlakukan contra flow di KM 34-KM 40. Hambatan di rest area KM 57, contra flow diberlakukan mulai KM 40-61.

“Sedangkan untuk hambatan di jalur KM 19,30, 33, 39 dan 57 akan diberlakukan contra flow di KM 14 sampai dengan KM 61,” tuturnya.

Hingga malam ini pukul 20.35 WIB, arus lalu lintas di Tol Jakarta yang mengarah ke Cikampek terjadi kepadatan. Arah sebaliknya ramai lancar.

Bahu amblas
Bahu jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek di KM 17 yang amblas tengah diperbaiki. Perbaikan diperkirakan akan selesai besok pagi.

Kepala Humas PT Jasa Marga Dwimawan Heru mengatakan, imbas dari amblas tersebut mengakibatkan terjadinya penyempitan jalur karena ditutupnya sebagian bahu jalan.

“Penutupan sebagian bahu jalan diakibatkan adanya pekerjaan perbaikan bahu jalan sepanjang 10 meter, yang mengalami kerusakan akibat aktivitas penggalian pondasi proyek LRT,” terang Heru dalam keterangannya.

“Diperkirakan perbaikan bahu jalan akan selesai besok pagi pukul 05.00 WIB,” lanjut Heru.

Meski sebagian bahu jalan tersebut ditutup, namun lajur 1 sampai dengan lajur 4 tetap dibuka, dan dapat digunakan seperti biasa. Sementara kondisi lalu lintas Jakarta mengarah ke Cikampek saat ini secara umum ramai lancar.

“Dengan kepadatan pada beberapa titik diakibatkan peningkatan volume lalin jelang liburan panjang maulid Nabi Muhammad SAW,” tambah Heru.

Sedangkan antrean di Gerbang Tol Cikarang Utama relatif normal. Panjang antrean sekitar 200 meter.

Jasa Marga memgimbau pengguna jalan agar berhati-hati dan tertib pada jalurnya, serta selalu mengantisipasi perjalanan dengan memantau kondisi lalu lintas melalui JMTIC 14080 atau twitter @PTJASAMARGA atau live streaming di m.jasamargalive.com. [A4]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d blogger menyukai ini: