Pemkab Bogor Setujui DOB Botim, Studi Kelayakan akan Dibiayai APBD
Camat Jonggol Beben Suhendar dan anggota Presedium Bogor Timur usai menghadiri Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Bogor pengesahan RPJMD 2013-2018

Pemkab Bogor Setujui DOB Botim, Studi Kelayakan akan Dibiayai APBD

Cibinong (RJ) – Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Bogor akhirnya mengesahkan revisi Rancangan Peraturan Daerah (Perda) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2013-2018 menjadi Perda RPJMD 2013-2018.

Dalam Rapat Paripurna yang dihadiri Bupati Kabupaten Bogor Nurhayanti itu, usulan pembentukan daerah otonom baru (DOB) Kabupaten Bogor Timur (Botim) terpisah dari kabupaten induknya, Kabupaten Bogor disetujui dalam RPJMD Kabupaten Bogor 2013-2016.

Dengan disetujui itu, maka Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor akan mengalokasikan anggaran untuk studi kelayakan pembentukan Kabupaten Bogor Timur sebagai daerah daerah otonom baru. Selaku daerah induk, Kabupaten Bogor juga diwajibkan untuk menganggarkan hibah  dana bantuan kepada Botim selama tiga tahun berturut-turut sesuai dengan kemampuan, minimal Rp 5 miliar, apabila Kabupaten Bogor Timur sudah terbentuk sebagai DOB.

“Pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) Kabupaten Bogor Timur, resmi masuk ke revisi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Bogor 2013-2018. Kajian atau studi kelayakan Kabupaten Bogor Timur, saya janji akan dilakukan tahun 2017 ini lewat APBD,” kata Nuryanti di Cibinong, Kamis (2/3/2017).

Selain masalah pemekaran DOB Botim, pengesahan Perda RPJMD 2013-2018 juga memuat perubahan UU dari UU 32 Tahun 2004 menjadi UU 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan adanya PP 18 tentang Perangkat Daerah terkait perubahan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) baru.

Menanggapi hal ini, Ketua Presidium Bogor Timur, Alhafiz Rana mengatakan, akan mengawal kajian kelayakan usulan pembentukan Kabupaten Botim sebagai daerah otonom baru hingga terealisasi.

“Akan kami kawal terus sampai siap. Karena kami yakin Bogor Timur sudah pantas untuk mandiri dan mampu mengelola pemerintahan sendiri,” kata Alhafiz Rana.

Pengesahan dan persetujuan ini disambut suka cita oleh masyaakat Bogor Timur yang sejak siang hari memenuhi Gedung DPRD di Komplek Pemda di Cibinong. Masyarakat Bogor Timur akan menggelar tasyakuran akbar menyambut pintu emas menuju cita-cita DOB Bogor Timur di Cibinong.

DOB Kabupaten Bogor Timur nantinya terdiri dari tujuh kecamatan, yakni Kecamatan Jonggol, Sukamakmur, Cileungsi, Cariu, Tanjungsari, Gunung Putri dan Klapanunggal, serta 75 desa. Selain itu secara geografis memiliki cakupan wilayah yang luas, kawasan ini juga menyimpan potensi industri dan pariwisata. [A1]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d blogger menyukai ini: