Pemkab Bogor Gandeng Kemenpan & RB untuk Tingkatkan Manajemen Kinerja
Bupati Bogor Nurhayanti mengadakan rapat dengan Kemenpan & RB membahas peningkatan kinerja Pemkab Bogor

Pemkab Bogor Gandeng Kemenpan & RB untuk Tingkatkan Manajemen Kinerja

Bogor (RJ) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor mengadakan rapat pembahasan reformasi birokrasi penguatan manajemen kinerja dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi ( Kemenpan & RB).

Rapat dipimpin Bupati Bogor Nurhayanti bertempat di Ruang Rapat Pendopo Bupati di Cibinong, Senin (13/2/2017). Sementara dari Kemenpan & RB hadir Sekretaris Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan, Didit Noorwidiatmoko

Menurut Didit, Pemkab Bogor harus melakukan penerapan efektif dan efisien dengan menerapkan sistem manajemen kinerja. Pada 2016 lalu, Kabupaten Bogor mendapatkan hasil penilaian CC , karena penerapan sistemnya masih berupa dokumentasi.

“Jadi dokumennya sudah dibuat dengan benar akan tetapi implementasi harus fokus kepada masyarakat. Tidak sekedar membuat program kegiatan tapi program kegiatan yang mengacu pada kebutuhan masyarakat yaitu anggaran yang dialokasikan kepada masyarakat,” kata Didit.

Ia berharap fokus menajemen pemerintahan Kabupaten Bogor mengacu pada spot-spot yang terintegrasi. “Saya ingin fokus manajemen Pemerintahan mengacu pada spot spot yang terintegrasi dengan baik artinya pembangunan dan pelayanan harus berujung kepada masyarakat,” ujarnya.

Didit meminta Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappedalitbang) Kabupaten Bogor sedang memperbaiki Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah(RPJMD).

“Maka perencanaan yang terintegrasi dengan prioritas pada pembangunan daerah mana saja yang mendukungnya dan pemilihan program kegiatan yang fokus kepada prioritas pembangunan dengan keterbasan anggaran bisa diselesaikan dengan fokus kepada prioritas bukan hanya sekedar mendapatkan anggaran,” katanya.

Sementara itu, Bupati Bogor Nurhayanti berkomitmen Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tahun depan bisa meningkat menjadi BB. Ia mengatakan, ada beberapa usulan perbaikan.

“SAKIP merupakan tanggung jawab seluruh perangkat daerah oleh karena itu saya menginstruksikan kepada seluruh kepala perangkat daerah agar memahami dan mengawal agar implementasi Sakip kita dapat lebih baik,” tegas Bupati Bogor. [A4]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d blogger menyukai ini: