Pemerintah Targetkan Pembangunan LRT Cibubur-Bogor pada 2018

Pemerintah Targetkan Pembangunan LRT Cibubur-Bogor pada 2018

Jakarta (RJ) – Pemerintah menargetkan pembangunan prasarana light rail transit (LRT) Jabodebek lintas Cibubur-Bogor dimulai pada kuartal II-2018. Pengerjaan proyek itu diharapkan tuntas pada 2020 mendatang.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan menyatakan, pemerintah segera membuat kajian kelayakan untuk lintasan tersebut dengan di bawah koordinasi Kementerian Perhubungan (Kemhub). Kajian ini diharapkan selesai pada Desember 2017.

“Dari Pak Budi Karya (Menteri Perhubungan) sudah disiapkan untuk membuat studi untuk lintas Cibubur-Bogor. Nanti lintasan itu lengkap semua. Nanti kajiannya ditargetkan selesai akhir tahun ini sehingga kami berharap kuartal kedua atau ketiga tahun depan sudah dimulai pembangunannya,” kata Luhut di sela kunjungan ke lokasi pembangunan LRT Jabodebek Cawang-Cibubur, Jakarta

Luhut mengisyaratkan, kontraktor yang nantinya ditunjuk mengerjakan lintasan baru ini adalah PT Adhi Karya Tbk. Sebagaimana diketahui, saat ini Adhi mendapatkan penugasan membangun tiga lintasan tiga lintasan LRT, yaitu Cawang-Cibubur, Bekasi Timur-Cawang, dan Cawang-Dukuh Atas.

Adapun, progres pengerjaan LRT Jabodebek tahap 1 itu secara keseluruhan sebesar 17%. Rinciannya, progres konstruksi lintasan Cibubur-Cawang mencapai 37%, lintasan Bekasi Timur-Cawang sebesar 17%, dan Cawang-Dukuh Atas baru sekitar 3%. Panjang total ketiga lintasan ditaksir mencapai 42,1 kilometer (km).

“Ya kalau ini bagus, nanti kami memakai Adhi saja. Kalau tidak bagus, ya tidak. Tapi kami lihat ini paten semua kan kerjanya. Tadi saya bilang ke direktur utama Adhi Karya bahwa kami tidak mau asal jadi,” pungkas Luhut. [A1]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d blogger menyukai ini: