PAN Gelar Rakernas di Bandung Bahas Pilkada 2018
Konferensi pers rencana pelaksanaan Rakernas PAN di Bandung

PAN Gelar Rakernas di Bandung Bahas Pilkada 2018

Jakarta (RJ) – Partai Amanat Nasional (PAN) akan menggelar rapat kerja nasional (rakernas) tahun ini di Bandung, Jabar, guna membahas Pilkada Serentak 2018 dan juga membahas Pilpres 2019

“Yang akan diusung capres dan cawapres memang forumnya di rakernas, tapi belum tentu juga karena rakernas 2018 masih ada. Kita lihat akan dengar masukan dan saran. Kalau ada desakan dari bawah untuk diputuskan, bisa. Tapi dari komite itu belum terlalu dibahas soalnya masih ada rakernas 2018,” ujar Ketua Pelaksana Rakernas PAN Yandri Susanto di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (8/8/2017).

Pasalnya, beberapa parpol sudah membicarakan figur yang akan didukung dalam Pilpres 2019 pada forum rapat kerja atau rapat pimpinan. Nah, PAN mengaku tak ingin terburu-buru membahas ke arah sana.

“PAN saya bilang tadi pasti akan melalui forum yang tinggi, salah satunya rakernas atau rapimnas. Nah, apakah 2017 ini rakernas di Bandung akan dibahas ya kemungkinan kecil dibahas, sangat kecil kemungkinan untuk dibahas,” imbuh Yandri.

Khusus rakernas di Bandung, PAN akan membahas strategi menghadapi Pilkada Serentak 2018. PAN juga akan mendengarkan laporan dari seluruh pengurus PAN se-Indonesia. Yandri mengatakan lebih lanjut ingin melihat konsolidasi pencalegan.

“Agenda lainnya, selain ingin dapatkan laporan dari semua pengurus provinsi sekabupaten di Indonesia, kami juga ingin melihat konsolidasi pencalegan dini karena tidak lama lagi April 2018 pencalegan,” kata Yandri.

Rakernas akan digelar pada 21-23 Agustus mendatang dan akan diikuti 5.000 peserta. Rakernas akan diikuti pengurus DPP, anggota DPR, hingga seluruh provinsi, kabupaten, dan kota.
Ditambahkannya, PAN juga akan turut mengundang calon-calon kepala daerah yang akan diusung di Pilkada.

“Kami akan mengundang pihak-pihak Jawa Barat, Wakil Gubernur Jawa Barat, Wali kota Bandung, termasuk calon kepala daerah di provinsi lain,” ujarnya.

Ditambahkannya, Rakernas kali ini belum tentu akan membahas keputusan resmi PAN untuk mendukung calon tertentu di Pilpres 2019. Sebab, kata Yandri, PAN masih memiliki satu kali Rakernas lain pada 2018 untuk menentukan sikap di Pilpres 2019.

Kendati demikian, dia mengakui jika penentuan capres yang bakal didukung berada di forum Rakernas atau kongres. Namun, pembahasan soal pencapresan bisa saja dilakukan apabila kader-kader mengusulkan.

“Karena Rakernas forum pengambilan putusan tertinggi setelah kongres. Tapi apakah diputuskan pada rakernas sekarang atau selanjutnya,” pungkasnya. [A1]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d blogger menyukai ini: