Pabrik Esemka di Cileungsi Bisa Produksi 30 Ribu Mobil per Tahun
Pabrik mobil Esemka di Cileungsi yang bisa memproduksi 30 ribu unit per tahun mobil niaga (pikap pedesaan)

Pabrik Esemka di Cileungsi Bisa Produksi 30 Ribu Mobil per Tahun

Jakarta (RJ) – PT Adiperkasa Citra Esemka Hero (ACEH), selaku produsen mobil Esemka menyatakan siap memproduksi 30 ribu unit per tahun melalui pabrik keduanya yang berlokasi Pabrik tersebut berlokasi di River Green Industrial Complex, Bojong, Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Esemka bakal ikut meramaikan pasar otomotif dalam negeri yang masih dikuasai produsen mobil Jepang, Korea , Eropa dan Amerika.

“Nilai investasinya cukup besar. Ya, bersaing dengan yang lain. Yang pasti pabrik ini mampu memproduksi 30 ribu unit per tahun,” kata Hosea Sanjaya, Managing Director PT ACEH di Jakarta.

Menurutnya, selain untuk memenuhi kebutuhan pasar dalam negeri, Esemka nantinya juga akan diekspor ke beberapa negara, terutama di kawasan ASEAN.

“Ekspor kemungkinan di pasar ASEAN, seperti di Malaysia. Di sana tidak punya kendaraan komersial. Malaysia memiliki dua pabrik mobil, namun keduanya fokus ke kendaraan penumpang yang kelas kecil. Kami lihat ada peluang di situ. Ekspor 10 persen dari total produksi,” katanya.

Hosea mengatakan, pabrik Esemka di Cileungsi akan diproyeksikan untuk memproduksi mobil pikap, sementara pabrik di Boyolali, Jawa Tengah untuk memproduksi mobil jenis lain.

“Bagaimanapun juga yang di Cileungsi fokus mobil pedesaan. Jadi, yang berjalan sekarang di daerah Cileungsi dahulu. Yang di Boyolali untuk mendukung saja. Saat ini belum ada aktivitas, karena masih prioritas penataan. Selain menata produk, kami juga sedang menata desain dan suplai,” ujar Hosea.,” katanya.

‎Sebagai tahap awal PT ACEH akan bermain di segmen mobil niaga, mobil pikap Esemka yaitu pedesaan. yang dijadwalkan akan diperkenalkan akhir tahun 2016 ini. Mobil pikap Esemka menggunakan mesin 1‎.000 cc dan akan menyusul varian 2.000 cc.

Pabrik Esemka di Cileungsi menempati lahan seluas 40 hektar di bekas pabrik perakitan mobil asal China, Geely. Lokasi tersebut, tepatnya berada di jalan Cipeucang Kelapa Nunggal, Kampung Ciuncal, Desa Situsari, Kecamatan Cileungsi, Bogor, Jawa Barat. Pada salah satu papan besi berukuran kecil tepat di sebelah kanan gapura, bertuliskan PT Adiperkasa Citra Esemka Hero, Factory and Spareparts Center, River Green Industrial Complex.

Sementara pabrik pertamanya di Boyolali, Jawa Tengah masih dalam proses pembangunan dan nantinya pPabrik ini nantinya menjadi basis produksi sekaligus pusat bisnis Esemka di seluruh Indonesia.

Esemka sempat membuat heboh dunia otomotif nasional beberapa tahun lalu, kini mobil nasional Esemka siap diproduksi secara massal. [A1]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d blogger menyukai ini: