OSO Resmi Jabat Ketua DPD RI
Wakil Ketua Mahkamah Agung (MA) Suwardi memimpin pengambilan sumpah jabatan pimpinan baru DPD RI.

OSO Resmi Jabat Ketua DPD RI

Jakarta (RJ) – Wakil Ketua Mahkamah Agung (MA) Suwardi memimpin pengambilan sumpah jabatan pimpinan baru DPD RI. Sumpah dibacakan dalam agama Islam.

Pengucapan sumpah dilaksanakan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (4/4/2017) malam sekitar pukul 19.45 WIB. Pimpinan baru DPD Oesman Sapta Odang (OSO), Nono Sampono, dan Darmayanti Lubis bersumpah di bawah Alquran.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai ketua DPD , sebagai wakil ketua DPD dengan sebaik-baiknya dan seadilnya sesuai peraturan perundang-undangan dengan berpedoman Pancasila dan UUD RI tahun 1945,” ujar Suwardi saat memandu sumpah.

Pelantikan itu berdasarkan keputusan DPD nomor: 45/DPDRI/III/2016-2017 tentang pimpinan DPD RI periode April 2017 – September 2019.

Keputusan ini mencabut keputusan sebelumnya tentang pimpinan DPD nomor 02/DPD/I/2014-2105 dan nomor 09/DPD/I/2016-2019. Ruang rapat paripurna tampak hening saat pengambilan sumpah. Sumpah dibacakan sekitar 5 menit.

Usai pembacaan sumpah, para pimpinan DPD meneken pakta integritas. OSO menjadi orang yang pertama meneken pakta.

Tepuk tangan pecah usai pembacaan sumpah. Mantan ketua DPD Mohammad Saleh menyerahkan palu sidang sebagai tanda pergantian kepemimpinan. Dengan demikian, OSO, Nono, dan Darmayanti resmi menjabat sebagai pimpinan DPD.

Pelantikan yang dihadiri sejumlah anggota DPD berjalan lancar. Usai pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan dan penyerahan palu kepemimpinan dari mantan Ketua DPD Mohammad Saleh ke OSO, pimpinan sidang AM Fatwa kemudian menyerahkan palu sidang kepada OSO.

“Kami ucapkan selamat kepada pimpinan DPD. Jaga amanat yang telah diberikan kepada senator,” ujar Fatwa.

Selanjutnya OSO memimpin sidang dan menyatakan harapannya agar setiap senator bekerja fokus dan memaksimalkan energi untuk kepentingan bangsa. [A1]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d blogger menyukai ini: