Nyaris Ambruk, Ruang Rawat Inap Puskesmas Jonggol Disegel
Penyegela Ruang Rawat Inap Puskesmas Jonggol

Nyaris Ambruk, Ruang Rawat Inap Puskesmas Jonggol Disegel

Jonggol (RJ) – Gedung Puskesmas Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor di bagian ruang rawat inap nyaris ambruk. Sejumlah atap plafon banyak yang rusak dan bolong. Tembok, kusen, pintu dan jendelanya sudah rapuh karena dimakan rayap. Fondasi bangunan pun sudah mulai rapuh.

Melihat kondisinya yang memprihatinkan itu serta terjaminnya keselamatan pasien, maka anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Bogor, Amin Sugandi dan Irawan mengambil keputusan menyegel puskesmas itu saat melakukan sidak.

”Sudah selayaknya Puskesmas Jonggol ini segera dibangun kembali oleh Pemkab Bogor. Khususnya dibagian ruang rawat inap. Lantaran saat kami meninjau dan masuk keruangan, kondisi bangunannya benar – benar memprihatinkan dan terancam mau ambruk,” terang Amin Sugandi sepert dikutip laman INDOPOS.

Menurutnya juga, penyegelan ruang rawat inap terpaksa di lakukan mengingat kondisi bangunan sangat mengenaskan dan tidak layak untuk dijadikan ruang rawat inap untuk pasien. ”Saat menyegel kami didampingi Camat Jonggol Beben Suhendar, pengawas dari Dinkes Kabupaten Bogor, Danramil 2107 Jonggol dan pengelola puskesmas,” paparnya.

Dia berjanji akan mengutamakan permasalahan bangunan Puskesmas Jonggol untuk masuk dalam pembahasan, salah satunya dengan memprioritaskan pembangunan ruang rawat inapnya. ”Pengajuan anggaran untuk pembangunan rawat inap Puskesmas Jonggol pada tahun 2018 mendatang,” janji Amin.

Terpisah, Endro bagian staf Puskesmas Jonggol mengaku sudah beberapa kali mengajukan perbaikan bagian ruang rawat inap. Namun, kata dia, sampai saat ini Pemkab Bogor belum juga ada repon

”Untuk sementara pihak puskesmas menggunakan rawat inap yang ruangan lebih kecil dan sempit. Dengan sidak oleh anggota dewan, kami berharap perbaikan atau pembangunan rawat inap Puskesmas Jonggol cepat terealisasi,” harapnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, Tri Wahyuni mengatakan untuk rehab bangunan ruang rawat inap Puskesmas Kecamatan Jonggol sudah masuk dalam anggaran 2018 mendatang. ”Kami sudah mengajukan anggaran, bukannya belum ada respon. Tetapi prosesnya penganggaran tidak bisa langsung, harus melalu pengajuan terlebih dahulu,” tukasnya.

Adapun penyegelan yang dilakukan oleh DPRD, tambah Tri, hanya bentuk antisipasi. ”Itu bukan disegel, tetapi supaya tidak difungsikan, untuk keamanan saja, karena kondisi bangunan sudah rusak berat,” kata Tri. [A1]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d blogger menyukai ini: