Nissan Luncurkan Kembaran Xpander dengan Nama Livina
All New Nissan Livina

Nissan Luncurkan Kembaran Xpander dengan Nama Livina

Jakarta (RJ) – Nissan kembali menunjukkan tajinya di pasar Indonesia. Setelah merilis SUV Terra pada pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, membuka awal tahun 2019 tak tanggung-tanggung dua mobil sekaligus diluncurkan Nissan.

Keduanya mengisi segmen MPV yakni Nissan Serena dan Livina. Livina sendiri sudah lama tak mengalami ubahan wajah secara keseluruhan dan Indonesia menjadi yang istimewa karena menjadi tempat pertama peluncuran Livina di dunia.

Terakhir, Nissan hanya sedikit mendandani Grand Livina pada tahun 2018. Kala itu, Livina hanya ditambahkan sedikit aksesori di bagian bempernya.

Kemudian setelah muncul beberapa bocoran di media sosial, Nissan secara resmi meluncurkan kembaran Xpander itu hari ini, Selasa (19/2/2019).

“Hari ini, kami membuat satu sejarah besar di Indonesia dengan memperkenalkan hal yang baru dan benar-benar baru,” kata Presiden Direktur Nissan Motor Isao Sekiguchi di Djakarta Theater XXI.

Beberapa hal dipertahankan dalam mobil ini. Salah satunya ialah kenyamanan dan kemewahannya.

“Livina lahir sejak 2007 dan terus dikenal dengan kenyamanan dan interior besarnya. Serta, teknologi terkini. Inilah yang terus kita pertahankan di pengembangan Livina,” ungkap dia.

Adapun harganya adalah PT Nissan Motor Indonesia (NMI) langsung terbuka soal harga dua mobil terbarunya Livina dijual mulai harga Rp 198 jutaan dan termahal Rp 261,9 juta.

All New Nissan Livina ditawarkan dengan lima tipe. Seri E MT dijual Rp 198 juta, sedangkan seri EL MT Rp 223 juta, EL AT Rp 233 juta, VE AT Rp 249,9 juta, dan VL AT Rp 261,9 juta.

Beda Livina dan Xpander
Mengusung platform dan mesin yang sama dengan Mitsubishi Xpander, Nissan memastikan identitas Livina terbaru tak hilang. Nissan pun menjamin Livina dan Xpander merupakan dua mobil yang benar-benar berbeda walaupun bentuknya mirip.

Jaminan soal identitas Livina yang tak berubah disebutkan Nissan bisa dilihat pada desain dan fitur-fitur yang tersemat. Nissan misalnya kali ini memasang layar sentuh berukuran tujuh inci dan sudah tersambung ke Apple Carplay dan Android Auto.

Tapi jangan salah, layar sentuh hiburan ini hanya ada pada varian tertinggi Livina yakni VE dan VL. Ukuran head unitnya sama tapi beda audionya saja. Kalau di Xpander ada tombol pemutar untuk naik turun volume, untuk di Livina model tinggi semuanya sudah sentuh/tekan.

Tombol start dan stop masing-masing hanya tersedia pada varian tertinggi keduanya. Livina kali ini sudah memiliki AC double blower sama halnya dengan Xpander. Layar MID pun sangat identik. Sehingga bisa disimpulkan bagian dasbor keduanya tak ada perbedaan.

Memiliki bentuk yang serupa, bagian depan serta belakang Livina dan Xpander berbeda. Kalau Nissan bagian depannya mempertahankan grille V-motion sebagai ciri khasnya sedangkan Xpander berbentuk huruf ‘X’ serta terkesan lebih kotak di bagian lampu depannya. Kemudian peleknya tak ada perbedaan. Lampu LED dengan DRL pun sudah ada di MPV kembar ini.

Kemudian untuk memudahkan pengendara ketika mencari mobil Xpander sudah dibekali fitur Welcome Light and Coming Home Light. Di Livina pun fitur serupa juga sudah ada namun namanya saja yang berbeda. Pada Livina, fitur tersebut disapa Courtesy Light Before and After Driving.

Beralih ke fitur keamanan dan keselamatan. Xpander membekali dirinya dengan ABS, HSA, ESS, Pedestrian Protection, ASC, serta Dual SRS Airbag. Serupa dengan Xpander, Livina juga memiliki HSA, Vehicle Dynamic Control, Traction Control System, rear view camera, dan Auto Hazard Light on Emergency Braking.

Untuk membantu pengendara saat memarkir mobil, parking sensor ada di dalam Livina sementara Xpander belum. [A1]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d blogger menyukai ini: