Mobil Pertama Esemka Segera Meluncur pada Agustus 2017

Mobil Pertama Esemka Segera Meluncur pada Agustus 2017

Cibubur (RJ) – Setelah peluncurannya sempat tertunda, mobil cita rasa nasional Esemka tak lama lagi dijadwalkan akan dirilis di Tanah Air. Managing Director PT Adiperkasa Citra Esemka Hero (ACEH), Hosea Sanjaya mengatakan, peluncuran akan dilakukan dalam hitungan bulan ke depan.

“Masih pikap pedesaan (mobil pertama yang diluncurkan). Ada dua kapasitas mesin yang berbeda. Nama mobilnya Adia,” kata Hosea saat ditemui di Cibubur, Jakarta Timur.

Menurut Hosea, peluncuran akan dilakukan pada Agustus 2017 mendatang. Meski demikian, dia tak mau merinci, apakah Esemka akan diluncurkan memanfaatkan ajang pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017, yang akan dilangsungkan 10-20 Agustus mendatang.

“Kami tidak penting bicara di GIIAS, karena kami tidak perlu global image. Yang pentingkan bagaimana kami di market,” ujar Hosea.

Sebelumnya Managing Director PT ACEH Hosea Sanjaya menyatakan akan merilis Esemka pada Agustus 2016 lalu. Namun batal. Kata Hosea, penundaan peluncuran dilakukan karena sejumlah hal.

“Iya ada yang harus dibereskan terlebih dahulu. Sekarang kami sedang penataan internal,” kata Hosea.

Pihaknya memang tak mau terburu-buru merilis produk karena ingin melakukan penguatan internal. Hal itu terkait soal investasi dan berbagai macam persoalan lainnya. Ia juga mengaku fokus soal Sumber Daya Manusia-nya agar Esemka tak hanya terkenal sesaat saja.

“Dari produk kami sudah pilih, perusahaan kami juga, kalau pabrik kan kami harus menata, berapa besar kapasitas, setelah itu bagaimana investasinya, siapa pemegang sahamnya, jadi kami sinkronkan,” ujar Hosea.

Hosea menegaskan jika Esemka bukan merupakan mobil nasional. Statusnya, PT ACEH menyebut Esemka sebagai mobil Indonesia. “Esemka itu bukan mobil nasional, tapi mobil Indonesia,” kata Hosea.

Maksud Esemka dari mobil Indonesia, berarti produk yang lahir dan diproduksi di Tanah Air. Esemka dikatakan lahir dengan memanfaatkan pemberdayaan lokal hingga kolaborasi dengan komponen Original Equipment Manufacturer (OEM).

“Mobil yang bisa dilahirkan dan diproduksi di Indonesia, merek Indonesia. Industri mobil itu ada definisinya, yaitu suatu industri di bidang otomotif yang mengelola reputasi mengenai kualitas, posisi suatu merek yang kapitalisasi Original Equipment Manufacturer atau OEM, di mana pun selalu melakukan pemberdayaan lokal nasional, sehingga memberikan nilai tambah,” ujar Hosea.

Harga jual
Hosea menyebut jika mobil pertama yang akan dirilis di Indonesia berjenis pikap. Mobil itu akan dijual dengan banderol di bawah Rp100 juta.

“Iya, kami memiliki rencana menghadirkan dua varian, 1.000cc dan di atas 1.000cc. Kalau detailnya, nanti saat launching akan dijelaskan,” kata Hosea..

Saat disinggung apakah Esemka juga akan meluncurkan mobil penumpang, Hosea mengaku punya rencana seperti itu. Namun ia enggan mengungkapkan lebih detail, kapan dan jenis mobil penumpang apa yang akan diluncurkan.

“Kemudian (meluncurkan mobil penumpang). Tunggu saja, kami saat ini sangat fokus mengembangkan Esemka,” ujar Hosea.

Esemka sedianya akan diproduksi di Cileungsi, Bogor, Jawa Barat. Di sana, mobil pedesaan Esemka akan dirakit. Pabrik Cileungsi akan beroperasi terlebih dahulu, sementara pabrik Esemka di Boyolali bersifat mendukung.

Sebagai informasi, pabrik Esemka di Cileungsi adalah pabrik perakitan mobil asal Tiongkok, Geely. Pabrik ini menempati lahan seluas 40 hektare. Rencananya, pabrik tersebut akan memproduksi 30 ribu unit mobil Esemka setiap tahunnya. [A1]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d blogger menyukai ini: