Menkes Setujui Penerapan PSBB Seluruh Wilayah Jabar
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto

Menkes Setujui Penerapan PSBB Seluruh Wilayah Jabar

Jakarta (RJ) – Usulan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) telah disetujui Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto.

Keputusan tersebut telah ditetapkan tanggal 1 Mei 2020 melalui Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/Menkes/289/2020.

“Jabar sudah bisa terapkan PSBB, selanjutnya masyarakat diminta taati tata tertib yang diberlakukan pemerintah di daerah,” kata Terawan seperti dalam keterangan tertulis yang diterima Sabtu (2/5/2020).

Ia menambahkan, kasus virus corona SARS-CoV2 (Covid-19) di Jabar telah terjadi peningkatan dan penyebaran kasus yang signifikan. Oleh sebab itu PSBB sudah harus ditetapkan dalam rangka percepatan penanganan Covid-19.

PSBB ditetapkan setelah dilakukan proses kajian epidemiologi dan pertimbangan kesiapan daerah dalam aspek sosial, ekonomi, serta aspek lainnya oleh tim teknis.

Ia menambahkan, selanjutnya pemerintah setempat wajib melaksanakan PSBB dan secara konsisten mendorong serta mensosialisasikan pola hidup bersih dan sehat kepada masyarakat.

“PSBB tersebut dilaksanakan selama masa inkubasi terpanjang dan dapat diperpanjang jika masih terdapat bukti penyebaran,” katanya.

Sementara itu, pemerintah Jawa Barat mengoordinasikan persiapan anggaran dan operasionalisasi jaring pengaman sosial untuk kabupaten/kota di wilayahnya, termasuk membantu kabupaten/kota yang belum memiliki persiapan tersebut.

Sebelumnya Gubernur Provinsi Jawa Barat Ridwan Kamil melaporkan pelaksanaan PSBB kepada Menteri Kesehatan untuk digunakan sebagai dasar menilai kemampuan dan keberhasilan pelaksanaan PSBB.

PSBB sebelum sudah diterapkan dibeberapa wilayah Jawa Barat seperti zona Bodebek (Kabupaten/Kota Bekasi, Kabupaten/Kota Bekasi dan Kota Depok, zona Bandung Raya (Kabupaten/Kota Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi dan Kabupaten Sumedang). [A1]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d blogger menyukai ini: