Mendikbud: Pandemi Covid-19 Sadarkan Orang Tua Betapa Sulitnya Mendidik Anak
Menteri Pendidikan dan Kebudyaan Nadiem Makarim

Mendikbud: Pandemi Covid-19 Sadarkan Orang Tua Betapa Sulitnya Mendidik Anak

Jakarta (RJ) – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim mengatakan, pandemi Covid-19 telah membuat orang tua sadar betapa sulitnya mendidik anak.

Sebab, sejak proses belajar dari rumah diberlakukan, orang tua memiliki peranan yang lebih besar dalam proses belajar anak.

“Untuk pertama kalinya kita melihat orang tua sadar betapa sulitnya mendidik anak. Empati pada guru pun meningkat,” kata Nadiem dalam acara peringatan Hari Pendidikan Nasional 2020 yang disiarkan secara daring, Sabtu (2/5/2020).

Di sisi sebaliknya, lanjut dia, guru juga menyadari pentingnya peran orang tua terhadap pendidikan muridnya. Tanpa peran aktif orang tua, akan sulit untuk mencapai kesuksesan pendidikan para murid.

Krisis akibat Covid-19 ini, kata dia, telah memaksa semua pihak untuk menjalankan proses belajar-mengajar yang ideal.

“Jadi, peran keluarga, guru dan murid itu merupakan suatu tim dalam menyukseskan pendidikan anak,” tegasnya dalam acara yang mengusung tema ‘Belajar dari Covid-19’ itu.

Nadiem menambahkan, pembelajaran akan hanya bisa diambil dari masa krisis Covid-19 ini jika semua pihak mau keluar dari zona nyaman.

“Ketika individu, baik itu anak-anak ataupun orang dewasa, mau keluar dari zona nyaman, di situlah level pembelajaran optimal terjadi,” ucapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d blogger menyukai ini: