Megawati Umumkan Capreskan Jokowi di Rakernas PDIP di Bali
PDIP menggelar Rakernas III di Bali yang sekaligus jadi pengumuman pencapresan Presiden Joko Widodo dalam Pilpres 2019

Megawati Umumkan Capreskan Jokowi di Rakernas PDIP di Bali

Bali (RJ) – PDIP resmi kembali mencalonkan Joko Widodo di pemilihan presiden (Pilpres) 2019. Keputusan itu diambil oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri saat Rapat Kerja Nasional (Rakernas) III PDIP di Bali, Jumat (23/2/2018).

Para peserta Rakernas tidak menyangka Megawati dalam pidato pembukaan akan mengumumkan pencalonan kembali Jokowi karena begitu selesai pidato Megawati langsung mengucapkan terima kasih dan menyampaikan ucapan salam. Para peserta menyangka pidato Megawati berakhir.

Namun tanpa dinyana di belakang kalimat salam Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Megawati ternyata menyampaikan kalimat yang begitu ditunggu-tunggu. Tidak hanya oleh kader PDIP yang hadir dalam rakernas, tetapi juga dinamika politik di bangsa ini yang selalu mengkonfirmasi kapan PDIP mengumumkan capresnya yang akan diusung di Pilpres 2019.

“Dengan ini saya nyatakan calon presiden PDI Perjuangan, Bapak Insinyur Joko Widodo. Metaaaaal, pasti menang totaaal,” kata Megawati sambil mengangkat tangan dengan symbol metal, yang kemudian disambut meriah oleh peserta Rakernas di Denpasar, Bali.

Di PDIP, keputusan Kongres memang memberikan mandat kepada ketua umum untuk menentukan capres-cawapres yang diusung serta memberikan keputusan kepada Megawati untuk menentukan momentum tepat dalam mengumumkannya. Dalam rakernas kali inilah, Megawati menggunakan hak prerogatifnya itu untuk kembali menunjuk dan mengumumkan pencalonan Jokowi di Pilpres 2019.

Seusai menghadiri pembukaan Rakernas, Jokowi menyampaikan terima kasihnya kepada Megawati yang kembali memberikan kepercayaan untuk diusung di Pilpres 2019. “Secara pribadi saya mengucapkan terimakasih atas kepercayana yang diberikan, terlebih dengan tema Rakernas III adalah pola pembangunan berdikari untuk Indonesia Raya. Spirit berdikari ini lah yang dipesankan oleh Ketua Umum PDI Perjuanga Ibu Megawati Seokarnoputri terutama dalam hal pangan, energi, pertahanan dan keuangan,” kata Jokowi.

Jokowi mengungkapkan, PDIP di bawah kepemimpinan Megawati merupakan partai yang solid, mengakar, dan sangat kokoh dalam menjaga dan menjalankan ideologi Pancasila. Dan tentunya, kata Jokowi, PDIP kuat karena semangat gotong royong.

“Itulah yang membuat saya yakin bahwa pemerintahan ke depan akan lebih stabil, lebih efektif karena dukungan partai-partai yang menyatu dengan dukungan rakyat,” ungkapnya.

Mengenai koalisi partai, Jokowi menyerahkan kepada partai pengusung, terutama PDIP untuk berkomunikasi. Hal itu karena calon wakil presiden termasuk kriterianya akan dibicarakan bersama-sama dengan seluruh partai pendukung. [A1]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d blogger menyukai ini: