Layanan Bus JR Connexion dari Kemenhub Resmi Beroperasi
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meresmikan beroperasinya Bus Jabodetabek Residence (JR)

Layanan Bus JR Connexion dari Kemenhub Resmi Beroperasi

Jakarta (RJ) – Layanan bus Jabodetabek Residence (JR) Connexion yang disediakan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) resmi beroperasi, Selasa (14/3/2017) siang ini. Peresmian beroperasinya layanan ini ditandai dengan ritual pecah kendi yang dilakukan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, terhadap sebuah bus yang diberangkatkan dari ITC Mangga Dua, Jakarta Utara, menuju perumahan Lippo Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

Sebelum memberangkatkan bus, Budi sempat menyampaikan apresiasi dan terima kasih pada pengembang, Organda, maupun kepala-kepala daerah kawasan sekitar Jakarta yang mendukung beroperasinya JR Connexion.

“Saya mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada pihak yang mendukung, tentunya para pengembang anggota REI, Organda, para bupati dan wali kota. Dengan adanya JR Connexion ini, diharapkan masyarakat jakarta bisa senang dan tenang mendapatkan angkutan yang cepat, murah dan akurat,” kata Budi.

JR Connexion melayani rute dari perumahan-perumahan di wilayah sekitar Jakarta menuju Jakarta. Kawasan perumahan yang dilayani adalah yang berada di Bekasi, Bogor, Cibubur, Depok, Serpong, hingga Tangerang.

Titik pemberhentiannya di pusat kota, yaitu di Gambir, Plaza Gadjah Mada, Pasar Baru, Ratu Plaza, FX Senayan, Tanah Abang, Blok M, Sudirman, Jakarta Kota, Kelapa Gading, Mangga Dua, Grogol, Mall Ciputra, dan Roxy.

JR Connexion adalah layanan bus eksekutif yang menyasar warga menengah ke atas, khususnya pengguna mobil pribadi. Dengan adanya layanan bus itu diharapkan ke depannya pengguna kendaraan pribadi mau berpindah menggunakan angkutan umum.

Karena menyasar segmen warga menengah ke atas, fasilitas yang ada pada bus berbeda dengan angkutan umum yang sudah ada. Tarif yang diberlakukan mencapai Rp 20.000-25.000.

Kapasitas bus JR Connexion terdiri dari 30-50 kursi tanpa adanya gantungan. Seluruh penumpang wajib mendapatkan tempat duduk. Masing-masing kursi dilengkapi dengan sabuk pengaman.

Sandaran pada kursi mencapai bagian kepala dan dapat disetel apabila penumpang ingin merebahkan tubuhnya sedikit ke belakang.

Jarak antara kursi di depan dan di belakangnya cukup lega. Dalam posisi tubuh setengah rebah, lutut penumpang tidak akan menyentuh kursi yang ada di depannya.

Bagi penumpang yang membawa banyak barang, tersedia bagasi untuk tempat penyimpanan barang baik di dalam kabin maupun di bagian luar. Bus dilengkapi wi-fi untuk memudahkan penumpang mengakses internet di sepanjang perjalanan.

Selain itu, tersedia pula layar di bagian tengah depan yang dapat difungsikan untuk sarana hiburan bagi penumpang.

JR Connexion beroperasi dari dari pukul 05.00-21.15 dan dijanjikan akan selalu tersedia di halte untuk pemberangkatan setiap satu jam sekali. Khusus hari Sabtu dan Minggu, bus baru akan mulai beroperasi pukul 06.30.

Pada tahap awal, jumlah keseluruhan bus yang akan disediakan mencapai 150 unit. Ada enam operator yang kini terlibat dalam layanan JR Connexion, yakni PT Alfaomega Sehati Mitra (AO Transport), PT Sinar Jaya Langgeng Utama, PT Wahana Trans, PT Royal Wisata Nusantara, PT Sejahtera Cemerlang Trans, dan PT Wifend Darma Persada.

Berikut adalah daftar perumahan di sekitar Jakarta yang dilayani bus JR Connexion:

– Bekasi: Lippo Cikarang, Grand Wisata, Perumahan Galaxy, Summarecon Bekasi.

– Bogor: Citra Indah Jonggol, Bellanova, Botani Square.

– Cibubur: Citra Grand Cibubur, Kota Wisata, Legenda Wisata, Puri Sriwedari, Cibubur Residence, Cibubur Country, Harvest City, Metland Transyogie, dan Kenari Nusantara.

– Depok: Pesona Khayangan.

– Serpong: BSD City, Bintaro Jaya.

– Tangerang: Lippo Village Karawaci, Citra Raya. [A2]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d blogger menyukai ini: