Jonggol Calon Ibukota DOB Kabupaten Bogor Timur
Camat Jonggol Beben Suhendar yang merupakan inisiator pembentukan daerah otonom baru Kabupaten Bogor Timur

Jonggol Calon Ibukota DOB Kabupaten Bogor Timur

Jonggol (RJ) – Pemerintah Kabupaten Bogor saat ini tengah membahas batas-batas wilayah dan calon ibukota daerah otonom baru (DOB) Kabupaten Bogor Timur (Botim). Presidium Bogor Timur mengusulkan Kecamatan Jonggol sebagai ibukota DOB Bogor Timur.

“Secara geografis Jonggol ada di tengah dan secara historis Jonggol jadi pusat pemerintahan dari dulu atau jadi kantor kewedanaan,” kata Beben Suhendar, Camat Jonggol kepada Radar Jonggol, Selasa (23/1/2018).

Menurut Beben, semua kecamatan yang akan menjadi bagian dari DOB Kabupaten Bogor Timur sudah menyepakati ibukota Kabupaten Bogor Timur nanti akan berada di Jonggol. Namun, lokasi pastinya belum ditentukan dan masih dalam pembahasan.

“Sudah disepakati, tidak ada yang menolak, calon ibukota berada di Jonggol. Tapi kita masih menunggu hasil kajian calon ibukota, yang sudah dianggaran dalam APBD tahun ini,” katanya.

Hal senada disampaikan Ketua Presidum Alhafiz Rana. Hafiz juga mengatakan, secara geografis Jonggol yang menjadi ibukota DOB Kabupaten Bogor Timur. Namun, keputusan pastinya masih menunggu hasil kajian calon ibukota.

“Secara geografis Jonggol ibukotanya, tetapi ibukota nanti mutlak hasil kajian akademik berbagai faktor. Jonggol belum final, bisa juga Cileungsi karena sarana dan prasana yang mendukung,” kata Alhafiz.

DOB Kabupaten Bogor Timur nanti memiliki wilayah tujuh kecamatan, yakni Kecamatan Jonggol, Cileungsi, Cariu, Tanjungsari, Sukamakmur, Klapanunggal dan Gunungputri. [A1]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d blogger menyukai ini: