Jalur Puncak Bogor Longsor, Arus Lalu Lintas Dialihkan ke Sukabumi dan Jonggol
Longsor terjadi di empat titik longsor, yakni Masjid Atta'awun, Grand Hill, Riung Gunung dan Widuri di Puncak Pass

Jalur Puncak Bogor Longsor, Arus Lalu Lintas Dialihkan ke Sukabumi dan Jonggol

Bogor (RJ) – Jalur Puncak Bogor kembali mengalami longsor, sehingga membuat lalu lintas tertutup dari arah Bogor menuju Cianjur maupun sebaliknya. Akibat longsor, arus lalu lintas dari Jakarta ke Puncak dialihkan melalui Sukabumi, sementara dari arah Cianjur ke Jakarta dialihkan lewat Jonggol.

Longsor terjadi di empat titik longsor, yakni Masjid Atta’awun, Grand Hill, Riung Gunung dan Widuri di Puncak Pass. Akibatnya sejumlah pohon dan tiang listrk roboh menutupi bahu jalan.

Petugas gabungan membersihkan material longsor yang menutup jalur Puncak, Kabupaten Bogor. Jalur Puncak di empat titik tertutup batang pohon, tanah dan bebatuan.

“Sekarang lagi dibersihkan,” ujar Kasat Lantas Polres Bogor AKP Hasby Ristama saat dihubungi, Senin (5/2/2018).

Menurut Hasby, alat berat untuk evakuasi material longsor masih dalam perjalanan. Namun di lokasi Masjid Atta’awun, ada 6 mobil PLN dan 4 mobil ambulans.

“Ada beberapa tiang listrik yang tumbang juga akibat longsor ini,” ujar Kasatnya.

Hasby mengatakan, polisi terpaksa menutup total akses menuju ke atas Puncak. Titik lokasi longsor terjadi di dekat Masjid At-Taun.

“Iya di jalur Puncak longsor terjadi di dekat Masjid At-Taun, Riung Gunung dan di Widuri,” katanya.

Longsor dilaporkan terjadi pada pukul 09.20 WIB pagi tadi. Tidak ada korban jiwa dilaporkan dalam peristiwa ini.

Kondisi badan jalan tertutup karena tanah turun dari gunung sepanjang 20 meter. Polisi mengalihkan lalin kepada para pengendara yang akan menuju Puncak.

“Terkait adanya informasi longsor di 4 titik, dua di Riung Gunung, 1 di Widuri dan 1 titik Masjid At-Taawun. Kita lakukan rekayasa arus dengan melakukan pengalihan kendaraan dari arah Cianjur untuk lewat ke Jonggol bagi yang menuju Bogor dan Sukabumi bagi yang mengarah Jakarta,” katanya.

Titik pengalihan sendiri berada di TMC Hypermart, pusat Kota Cianjur dan di Pos Jabar 9. “Untuk pos Jabar 9 itu lebih mudah bagi kendaraan mutar arah dibandingkan dengan di pos lalu lintas perbatasan dekat Puncak Pass,” lanjut Rendy.

Tim patroli motor dan mobil saat ini disebut Rendy sudah mulai melakukan penyisiran kendaraan arah Puncak dan meminta untuk berbalik arah.

“Tim sudah meluncur dan mengupdate setiap informasi terbaru, kita upayakan tidak ada penumpukan di jalur menuju arah puncak,” jelasnya.

Sementara itu, titik longsor juga terjadi di jalur arah Sukabumi – Ciawi, Bogor. Antisipasi kemacetan, Satlantas Polres Sukabumi akan mengawal arus mulai dari perbatasan Sukabumi – Bogor dan bila diperlukan akan menghentikan sementara kendaraan besar.[A1]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d blogger menyukai ini: