Istana dan Kebun Raya Bogor akan Dibuka Gratis
Istana Bogor

Istana dan Kebun Raya Bogor akan Dibuka Gratis

Bogor (RJ) – Dalam rangka hari jadi Kota Bogor yang ke 525, Istana Bogor kembali dibuka bagi wisatawan, dalam progran Istana Untuk Rakyat (Istura).

“Istana kebanggaan masyarakat Bogor dan Indonesia ini akan dibuka tanggal 24-28 Juli 2017. Bisa daftar dulu sebelumnya,” ujar Shahlan, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bogor kemarin.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, wisatawan yang akan masuk dipersilakan mengambil tiket gratis. Lokasi pengambilan tiket di Balai Kota Bogor, dan Kantor Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Kota Bogor pada 18-28 Juli 2017 pada jam kerja.

Kepala Bidang Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bogor, Susilowati menambahkan tahun ini wisatawan tidak hanya bisa mengelilingi Istana Bogor, tetapi bisa juga ke Museum Kepresidenan Balai Kirti, dan langsung ke Kebun Raya Bogor, gratis. Meski begitu, wisatawan belum bisa masuk ke ruangan-ruangan dalam istana tersebut.

“Tahun ini belum bisa masuk ke dalam ruangan, karena Presiden masih berkantor di sana. Gantinya kita bisa langsung terusan masuk ke Kebun Raya Bogor, gratis selama Istura,” jelas Susilowati.

Ia menambahkan, setiap harinya ada kuota bagi wisatawan yang ingin masuk, sebanyak 200 orang per hari.
Jumlah tersebut akan bergiliran masuk mulai pukul 08.00 dari halaman Balai Kota Bogor ke pintu istana di depannya. Tiap 10 menit akan bergiliran 10 orang masuk didampingi guide, dan protokoler Istana Kepresidenan.

Rute yang bisa dilalui wisatawan tahun ini masih sama dari tahun kemarin. Mulai dari halaman Balai Kota Bogor lalu melalui security check di pintu masuk istana, berjalan ke halaman depan yang juga sebagai tempat photo spot.

Setelah itu wisatawan akan berbaris diberi pengarahan dan penjelasan mengenai Istana Bogor oleh pemandu. Barulah bisa mengelilingi areal teras atau halaman Istana Bogor tersebut.

Selepas itu wisatawan dipersilakan mengunjungi Museum Kepresidenan Balai Kirti yang menyuguhkan diorama perjalanan presiden pertama Indonesia hingga kini. Selesai menikmati museum modern tersebut, Anda bisa lanjut menikmati sejuknya alam Kebun Raya Bogor.

Shahlan memastikan wisatawan dari mana pun boleh mengikuti program Istura ini, baik wisatawan mancanegara maupun wisatawan domestik. Namun, harus menaati aturan-aturan yang telah dikeluarkan pihak Istana dan juga Paspampres.

Menarik bukan? Istana yang menyimpan banyak sejarah bangsa ini layak untuk Anda kunjungi, sebagai wisata sejarah yang penuh edukasi. [A1]

Sumber: Kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d blogger menyukai ini: