Hanura Minta Miryam Lebih Kooperatif dengan KPK
Anggota DPR Miryam S Haryani dari Fraksi Partai Hanura

Hanura Minta Miryam Lebih Kooperatif dengan KPK

Jakarta (RJ) – Sekretarus Jenderal (Sekjen) Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Sarifuddin Sudding mengatakan partainya menghargai proses hukum yang berjalan di KPK terkait Miryam S Haryani yang baru saja dijadikan buronan. Sudding meminta Miryam lebih kooperatif dengan KPK.

“Kita hargai proses hukum yang ada di KPK. Karena ini masuk ranah hukum, kita hargai dan seharusnya para pihak yang dimintai keterangan dan sebagainya lebih kooperatif lah,” ujar Sudding

“Ya seharusnya kooperatif proses yang berlangsung di KPK,” sambung Sudding saat ditegaskan apakah maksud kooperatif tersebut ditujukan kepada Miryam.

Partai Hanura mengedepankan asas praduga tak bersalah terhadap status Miryam. Sudding mengatakan partai siap memberikan bantuan hukum jika diperlukan.

“Bantuan hukum kepada yang bersangkutan sepanjang itu dibutuhkan, partai menyiapkan bantuan hukum karena sikap Hanura mengedepankan asas praduga tak bersalah,” jelasnya.

Sudding sendiri mengatakan sudah tidak pernah bertemu kembali dengan Miryam. “Kita nggak pernah ketemu dan sudah beberapa hari ini sudah tidak masuk kantor. Kita hargai proses yang berlangsung di KPK,” ucapnya.

Hal senada disampaikan Sekretaris Fraksi Hanura Dadang Rusdiana mengaku belum bertemu dengan Miryam. Keberadaan Miryam pun tak diketahuinya.

“Saya belum mendapat info. Bu Yani tidak datang dalam rapat paripurna. Sudah beberapa minggu ini saya pun tidak pernah bertemu,” ujar Dadang

Sebelumnya, KPK berkoordinasi dengan Polri terkait ditetapkannya Miryam sebagai buronan. KPK menyurati Kapolri agar memasukkan nama Miryam dalam daftar pencarian orang (DPO).

KPK menetapkan Miryam menjadi tersangka pemberian keterangan palsu pada 5 April 2017. Miryam kemudian dipanggil penyidik KPK pada Kamis, 13 April, dan Selasa, 18 April. Namun Miryam tak memenuhi panggilan.

KPK kemudian menetapkan Miryam sebagai buron. KPK meminta bantuan Polri menangkap Miryam. [A1]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d blogger menyukai ini: