Gunung Batu Jonggol yang Tengah Naik Daun
Gunung Batu Jonggol

Gunung Batu Jonggol yang Tengah Naik Daun

Jonggol (RJ) – Ingin mendaki gunung namun tak punya banyak waktu luang, traveler bisa coba naik Gunung Batu di Bogor. Gunungnya tak terlalu tinggi, tapi Instagrammable. Gunung Batu memiliki ketinggian sekitar 875 mdpl.

Puncaknya yang tidak terlalu tinggi membuat gunung Batu ini cocok untuk para pendaki pemula, bahkan dalam waktu kurang dari 45 menit kamu sudah bisa mencapai titik puncak. Medannya pun tidak terlalu sulit, jadi bisa dengan mudah juga untuk sampai ke titik puncak.

Gunung Batu Jonggol mulai booming sejak awal tahun 2015 yang lalu. Popularitas, sebagaimana lokasi-lokasi wisata baru lain, diperolehnya via dunia maya lewat tangan-tangan gatal pecinta media sosial. Tapi tahukah kalian, kalau penyematan kata ‘Jonggol’ di akhir nama Gunung Batu sekarang adalah sebuah kesalahan?

Jika kita telusuri ke belakang, sebelum Mei 1999, penyandangan kata ‘Jonggol’ pada Gunung Batu adalah tepat. Karena pada saat itu Kecamatan Jonggol belum mengalami pemekaran.

Pada masa pemerintahan Presiden Bacharuddin Jusuf Habibie, melalui Peraturan Pemerintah Nomor 48 Tahun 1999, Kecamatan Jonggol dimekarkan menjadi dua kecamatan, yaitu; Kecamatan Jonggol dan Kecamatan Sukamakmur.

Karena Gunung Batu kemudian masuk ke wilayah pemekaran, Kecamatan Sukamakmur, maka penyebutan yang lebih tepat seharusnya adalah Gunung Batu Sukamakmur – yang secara geografis lokasinya berada pada koordinat: -6.604184, 107.051931, di wilayah Desa Sukaharja, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat.

Tetapi pertanyaannya kenapa diberi penamaan “Gunung Batu Jonggol”. Ada dua alasan yang mendasari: Pertama; demi kemudahan kalian mencari informasi (baik secara online maupun offline), dan yang Kedua; Suatu tempat itu kadang lebih dikenal lewat nama lama mereka, ketimbang nama barunya.

Dari Jakarta, jaraknya bisa dibilang dekat, bisa juga terbilang moderat. Tergantung pada titik berangkat. Mari kita ambil contoh. Jika kalian berangkat dari Cibubur Junction, Jakarta Timur, maka jaraknya akan terpaut sekitar 2 jam perjalanan. Tapi kalau kalian berangkat dari Kota Tua, Jakarta Utara, maka jarak tempuhnya bisa melar hingga 4-4.5 jam perjalanan.

Dengan kata lain, jika kita berangkat dari wilayah Jabodetabek, maka objek wisata ini termasuk kategori wisata one day trip, alias bisa dikunjungi dalam waktu satu hari, tektok.

Detil belok kiri-kanan perjalanan menuju gunung berbentuk sirip tuna ini, terus terang saya tidak mencatat. Rute yang saya ingat; dari depan gerbang Citra Indah City, belok kanan ke arah Jl. Raya Jonggol-Cariu. Kalau ketemu pertigaan ‘Y,’ ambil kiri arah Cariu. Begitu sampai di pertigaan Mengker, belok kanan. Dan tibalah di kawasan obyek wisata Gunung Batu. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa tengok google map atau GPS aja yah.

Untuk bisa menikmati pesona Gunung Batu, kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp15.000 sudah termasuk biaya parkir. Kamu juga sudah bisa mencicipi hawa sejuk dan landscape epic yang ditawarkan Gunung Batu. Bukan hanya itu, kamu pun bisa camping di sini.

Hal-hal Seru yang Bisa Kamu Lakukan di Gunung Batu.
Camping ceria sembari menikmati pesona Gunung Batu yang sungguh surga dunia. Terlebih saat malam maupun pagi hari. Jika langit tak mendung, kamu bisa menikmati langit malam bertabur bintang dan sunrise yang menawan saat fajar datang.

Buat kamu yang suka selfie atau fotografi, Gunung Batu menawarkan landscape yang tak kalah epic dengan gunung-gunung lainnya di indonesia. So, silahkan foto-foto.

Mendapatkan teman baru sesama pecinta traveling dan hikking. Hal ini tentu akan menambah keseruan pendakianmu.

Buat kamu yang lagi galau mendaki adalah salah satu cara terbaik untuk membuat tubuh, hati dan pikiran kembali segar. So, relaksasikanlah dirimu. Jangan buang-buang waktumu untuk menggalau. Ayo bersenang-senanglah.

Hal paling seru dari sekian keseruan yang bisa kamu lakukan adalah menjaga kelestarian dan kebersihan kawasan gunung. Pliss, jangan buang sampah sembarang. Sayangilah alam sekitar.

Tips Mendaki ke Gunung Batu
Sebelum mendaki, alangkah baiknya kamu cek dulu kesehatan tubuhmu. Pastikan kondisi tubuhmu benar-benar dalam keadaan sehat dan baik-baik saja.

Mendaki pasti membuat tubuhmu cepat lelah, maka dari itu jangan lupa bawa bekal secukupnya seperti minuman, cemilan atau makanan. Jangan lupa juga bawa jaket atau baju hangat.

Buat kamu yang ingin foto-foto, pastikan kondisi batre ponsel dan batre kameramu dalam keadaan full. Bila perlu bawa powerbank.

Gunakanlah alas kaki sandal atau sepatu gunung yang pas dengan ukuran kakimu. Alas kaki yang kesempitan atau kebesaran takutnya membahayakan dirimu.

Pastikan segala perlengkapan pendakian ada di dalam tas. Dan kalau bisa gunakanlah tas anti air, buat jaga-jaga saja takutnya turun hujan. Bicara soal hujan, jangan lupa juga bawa mantol atau jas hujan. [A2]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d blogger menyukai ini: