DPR Dorong Percepatan Pembangunan Terminal Jatijajar
Komisi V DPR RI melakukan peninjauan di Terminal Jatijajar, di Kota Depok

DPR Dorong Percepatan Pembangunan Terminal Jatijajar

Depok (RJ) – Wakil Ketua Komisi V DPR RI Sigit Sosiantomo mendorong agar pembangunan Terminal Jatijajar yang berlokasi di Kota Depok agar dapat segera dioperasikan. Ia pun meminta kepada Dinas Perhubungan, Dinas Pekerjaan Umum serta Pemda setempat untuk dapat berkoordinasi dengan pemerintah pusat. Demikian disampaikannya disela-sela peninjauan di Terminal Jatijajar, di Kota Depok, Senin, (20/12/2017).

Politisi PKS ini pun tidak ingin Depok menjadi ikon mangkrak, sehingga pembangunan Terminal ini harus dapat direalisasikan agar dapat memberi manfaat bagi warga Depok.

“Jangan sampai Depok yang hanya berjarak sekian kilometer dari Jakarta menjadi ikon mangkrak. Kita berharap Walikota Depok memproses administrasi dari pemkot ke pusat bisa diselesaikan. Kita akan cari cara bagaimana akses ini bisa ditembus dan bisa membantu operasionalisasi terminal tipe A,” jelas Sigit.

Sigit menjelaskan bahwa pemerintah pusat siap menerima limpahan aset yang belum selesai, sebagaimana yang diamanatkan dalam UU Pemda bahwa terminal tipe A dikelola oleh pemerintah pusat. Ia pun mendorong pada Pemda Depok untuk terus berkoordinasi

Proyek terminal yang menghabiskan anggaran 120 miliar ini pun harus dapat diselesaikan, karena sebagaimana amanat UU Pemda, terminal tipe A dikelola oleh pusat. Meskipun awalnya, Pemda Depok menginginkan pembangunan ini dikelola sendiri. “Tadi mereka menginginkan menyelesaikannya sendiri. Tetapi karena ada amanat UU Pemda yang mengamanatkan terminal tipe A dikelola pusat, maka kita harus siap mengelolanya dan saling koordinasi yang diperlukan,” tegasnya.

Dengan adanya, pembangunan terminal ini diharapkan akan membuat warga Depok menjadi lebih mudah mendapatkan akses transportasi. Oleh karenanya, koordinasi antara pemerinah pusat dan daerah amat diperlukan. “Ini awal koordinasi yg baik. Semoga rakyat bisa merasakan manfaat pemangunan ini lebih cepat,” pungkas Sigit.

Turut serta dalam kunjungan ini yakni Yoseph Umarhadi (F-PDIP), Daniel Mutaqin Syafiudin (F-Golkar), Syahrulan Pua Sawa (F-PAN) dan Mahfudz Abdurahman (F-PKS). Selain itu,Wakil Walikota Depok Pradi Supriatna turut mendampingi Tim Kunspek Komisi V DPR RI saat meninjau Terminal Jatijajar ini. [A1]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d blogger menyukai ini: