Citra Indah City akan dapat Layanan Bus JR Connexion dari Kemenhub
Launching angkutan perumahan Jabotabek (Jabotabek Residence) /JR Connexion Kementerian Perhubungan yang mulai beroperasi pada 14 Pebruari 2017 mendatang

Citra Indah City akan dapat Layanan Bus JR Connexion dari Kemenhub

Jakarta (RJ) – Perumahan Citra Indah City akan mendapatkan tambahan layanan transportasi dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang akan meluncurkan layanan bus Jabodetabek Residence (JR) Connexion pada 14 Februari 2017.

JR Connexion adalah layanan bus menuju Jakarta dari perumahan-perumahan di Bekasi, Cibubur, Bogor, Depok, Serpong, hingga Tangerang, salah satu perumahan yang dilintasinya adalah Citra Indah City di Jonggol.

Titik pemberangkatan bus ini akan langsung dari dalam lokasi perumahan yang dilalui, dan tidak akan ada titik-titik pemberhentian di sepanjang perjalanan karena bus hanya akan berhenti di pusat kota, di antaranya di FX Senayan.

Selama ini transportasi dari Citra Indah City menuju beberapa tujuan di Jakarta seperti Blok M, Grogol, Arta Gading Kepala Gading dan Ciputra World Kuningan disediakan oleh pihak pengembang kerjasama dengan perusahaan otobus (PO) Dewi Sri.

Kepala BPTJ Elly Adriani Sinaga mengatakan, pengoperasian JR Connexion mengacu pada Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 32 Tahun 2016 tentang angkutan yang mengangkut penumpang dari permukiman ke pusat kota.

Layanan bus JR Connexion akan dijalankan oleh operator-operator bus di bawah pengawasan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ).

“Ini new branding yang kami bikin. Hasil diskusi juga dengan teman-teman yang ada di perumahan yang minta namanya kerenan dikit dong, Bu. Akhirnya kami bikin namanya JR Connexion, yang bahasa Indonesianya ‘angkutan permukiman Jabodetabek’,” kata Elly di Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (7/2/2017).

Elly menjelaskan, pengoperasian JR Connexion akan berbeda dengan angkutan-angkutan umum. Titik pemberangkatan bus ini akan langsung dari dalam lokasi perumahan, dan tidak akan ada titik-titik pemberhentian di sepanjang perjalanan karena bus hanya akan berhenti di pusat kota, di antaranya di FX Senayan.

Elly menjelaskan, pihaknya bekerja sama dengan pengembang-pengembang perumahan untuk pembuatan selter bus tersebut. “Jadi selternya disediain pengembang. Selternya kalau bisa ada tempat parkir sepeda. Jadi, dari rumah ke selter (calon penumpang) di permukiman naik sepeda aja,” ujar Elly.

Selain berbeda pola pengoperasian, Elly menyebut fasilitas yang ada di dalam bus juga berbeda dengan angkutan pada umumnya.

Dia menyebut, bus JR Connexion akan dilengkapi koneksi internet. Setiap bangku juga akan dilengkapi sabuk pengaman dan dirancang agar penumpang memungkinkan untuk membuka laptop.

Elly menyatakan, di dalam bus tidak akan disediakan pegangan untuk penumpang berdiri karena semua penumpang harus duduk. Kapasitas bus untuk 30 kursi.

Menurut Elly, pangsa pasar JR Connexion adalah warga menengah ke atas di daerah-daerah sekitar Jakarta yang selama ini selalu menggunakan mobil pribadi.

Adapun tarif yang akan dikenakan diperkirakan Rp 20.000-25.000 untuk sekali perjalanan. Tarif dan fasilitas yang disediakan, lanjutnya, sudah mempertimbangkan masukan dari calon penumpang.

“Tarifnya Rp 20.000-25.000. Kata mereka (calon penumpang), kalau cuma Rp 50.000 bolak-balik sudah oke banget. Daripada nyetir sendiri harus bayar bahan bakar, tol. Belum lagi stresnya itu,” ucap Elly.

Kepala BPTJ Elly mengatakan, pemilihan lokasi perumahan mengacu survei yang dilakukan BPTJ. Menurut Elly, perumahan yang disurvei adalah perumahan dengan jumlah warga yang dinilai besar.

“Misalnya perumahan luas 12.000 hektar, itu berapa banyak populasinya. Dengan tarif dan fasilitas itu, dari hasil survei, 80 persen (warga perumahan) mengatakan mau naik angkutan permukiman,” ucap Elly.

Berikut daftar perumahan yang akan dilayani bus JR Connexion:

– Bekasi: Lippo Cikarang, Grand Wisata, Perumahan Galaxy, Summarecon Bekasi.

– Bogor: Citra Indah City Jonggol, Bellanova, Botani Square.

– Cibubur: Citra Grand Cibubur, Kota Wisata, Legenda Wisata, Puri Sriwedari, Cibubur Residence, Cibubur Country, Harvest City, Metland Transyogie, dan Kenari Nusantara.

– Depok: Pesona Khayangan.

– Serpong: BSD City, Bintaro Jaya.

– Tangerang: Lippo Village Karawaci, Citra Raya. [A1]

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d blogger menyukai ini: