BTN Tawarkan Rumah Rp 50 Juta, Bunga 7,5%

BTN Tawarkan Rumah Rp 50 Juta, Bunga 7,5%

Jakarta (RJ) – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BBTN) akan menghadirkan fasilitas Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Mikro. KPR Mikro ditujukan kepada mereka yang memiliki penghasilan tidak tetap. Dengan adanya fasilitas ini diharapkan, angka backlog rumah di Indonesia bisa semakin berkurang.

BTN akan merilis KPR Mikro ini pada akhir Februari mendatang. Kelompok masyarakat yang bisa menikmati KPR Mikro, antara lain pedagang, nelayan, hingga petani.

“Mikro kami lakukan mulai di Semarang nanti ini adalah yang kami fokuskan kepada segmen masyarakat yang pendapatannya tidak tetap yang dibawah. Misalnya kita berikan adalah komunitas misalnya pedagang, nelayan, petani dan sebagainya,” ujar Direktur Utama BTN Maryono di Menara BTN, Jakarta Pusat, Kamis (9/2/2017).

Bunga yang ditawarkan oleh BTN untuk mencicil rumah lewat program ini juga terbilang rendah. Per tahunnya berada di level 6-7,5% dengan tenor maksimal 5 tahun. Di tahap awal, BTN akan merilis program ini ke kelompok masyarakat di Semarang, Jawa Tengah.

“Dan ini bunganya cukup menarik sehingga kami akan membuat suatu community-community. Pertama komunitas yang akan kami biayai itu di daerah Semarang, bunganya antara 6-7,5%,” kata Maryono.

Harga rumah yang ditawarkan melalui KPR Mikro berada di kisaran Rp 50-75 juta per unitnya. Sehingga mereka yang memiliki penghasilan tidak tetap bisa memiliki tempat tinggal sendiri.

Mereka pun hanya perlu membayar uang muka paling tinggi 10% dari harga jual rumah. “Unitnya banyak karena 1 unit perkiraannya Rp 50-75 juta. DP kita usahakan paling tinggi 10%,” tutur Maryono. [A2]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d blogger menyukai ini: