Bolu Cempedak Raih Penghargaan Terbaik dalam bidang Inovasi Makanan
Durrachim,, Staf Kecamatan Jonggol mewakili Camat Jonggol Beben Suhendar memberikan penghargaan kepada Ania Rsya kategori Inovasi makanan (kanan), Irma Rachmawati kategori Inovasi minuman (tengah), Nurjanah kategori UKM Eksport (kiir) dan Hepi Nuarti kategori Legalitas terbaik

Bolu Cempedak Raih Penghargaan Terbaik dalam bidang Inovasi Makanan

Jonggol (RJ) – Bolu Cempedak, Oleh-oleh Khas Jonggol yang diproduksi Ania Cake meraih penghargaan dari Camat Jonggol Beben Suhendar atas pencapaian kesuksesan usaha UMKM Inovator dalam bidang makanan.

Piagam diberikan kepada Ani Kursniasih (Ania Risya) selaku pemilik Ania Cake dalam rangka HUT ke-1 Forum UMKM Kecamatan, Jonggol, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, Selasa (30/1/2018).

Penghargaan serupa juga diberikan kepada Irma Rahmawati Hasanah, kategori inovasi minuman Cempaka (Cempedak Nangka). Lalu, Hepi Nuarti Maria Zebua, bidang Legalitas, pemilik Madu Jahbaleka kategori terbaik dalam Legalitas, serta Oktavia Tama/Nurjanah pemilik Pina Art dalam kategori UKM Eksport.

Anggota UMKM Jonggol foto bersama dengan Camat Jonggol Beben Suhendar usai pelatihan bisnis online

Piagam penghargaan tersebut diberikan oleh Durrachim mewakili Camat Jonggol Suhendar yang berhalangan, karena ada tugas lain kepada penerima pengharagaan secara langsung.

“Alhamduillah Bolu Cempedak bisa menjadi besar seperti Talas Bogor, dan lebih dikenal kalau Jonggol juga punya Oleh-oleh Khas, yaitu Bolu Cempedak,” kata Ania Risya.

Ania berharap agar Bolu Cempedak makin dikenal luas dan produksi bisa lebih banyak lagi. “Sekarang ini banyak yang nyari Bolu Cempedak buat oleh-oleh saudaranya di kampung, ada yang di Pematang Siantar, Batam, Tanjungpinang, Surabaya, Jakarta, Bandung, Yogyakarta dan lain-lain,” ungkapnya.

Karena itu, untuk meningkatkan kapasitas produksi, Ania berharap ada bantuan permodalan dari perbankan, perusahaan, Kementerian Koperasi dan UMKM, serta instansi terkait. “Inginnya ada bantuan modal atau jadi binaan, biar Bolu Cempedaknya tambah besar dan maju,” katanya.

Bisnis Online
Pada kesempatan itu, seluruh Anggota UMKM Kecamatan Jonggol yang dipimpin Nurjanah diberikan pelatihan bisnis online oleh Situs Online Blanja.com.

Sekitar 100 Anggota UMKM Jonggol terlihat antusias mengikuti pelatinan bisnis online dengan tema “BLANJA JEMPUT UKM SUKSES JUALAN SAMPAI UJUNG INDONESIA, RAHASIA SUKSES JADI PEBISNIS ONLINE”

Melinda Rachaman, On Boarding Seller Relations of Blanja.com saat memberikam materi

Melinda Rachaman, On Boarding Seller Relations of Blanja.com selaku narasumber dari situs BLANJA.com mengatakan, pelaku UKM dibantu dalam promosi produknya.

“Setiap UKM dibantu dibuatkan toko online, dibuatkan foto produk, dibantu promosi, kemudaan trasaksi. Lalu, kerjasama dengan Telkomsel, kementerian-kementerian. Kemudian untuk pengiriman kerjasama dengan JNT, JNE dan Kantor Pos, serta tranksasi dengan pembayaran perbankan nasional dan eBay

Dalam pelatihan ini Anggota UMKM Jonggol juga diberikan masukan mengenai kiat-kiat menjadi pengusaha sukses dari Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) yang diwakili Nita Ruchyat.

Kemudian Anto, owner Kios Putri, yang menjual sembako di Situs Blanja.com berbagai kisah sukses story sebagai pengusaha dari omset Rp 500 ribu per bulan menjadi Rp 15 juta per bulan dengan penjualan online ke seluuruh Indonesia.

Anggota UMKM Jonggol terlihat antusias mengikuti pelatihan bisnis online

Anggota UMKM Jonggol juga mendapatkan pembekalan mengenai pendirian koperasi yang dibawakan oleh Hendrik dari Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bogor.

Pelatihan bisnis online Anggota UMKM Jonggol ini juga dihadiri oleh, Eddy dari PT. Acset Indonusa Tbk (ASCT). ACST bergerak dalam sektor pembangunan dan jasa konstruksi. ACST membangun kompleks perumahan, bangunan komersial, hotel, apartemen, infrastruktur sipil, dan lain-lain.

ACST tercatat di Bursa Efek Indonesia di tahun 2013 pada Papan Utama. Perusahaan didirikan pada tahun 1995 dan berbasis di Jakarta, Indonesia. PT ACSET Indonusa juga memiliki perwakilan di Jonggol (PT ACSET Jonggol). [A1]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d blogger menyukai ini: