Bendung Cipamingkis Jebol Pagi Tadi
Bendung Cipamingkis jebol

Bendung Cipamingkis Jebol Pagi Tadi

Jonggol (RJ) – Setelah jembatan Cipamingkis amblas pada pekan lalu, kali ini giliran Bendung Cipamingkis jebol pada Kamis (20/4/2017) pagi sekitar pukul 05.30 WIB. Akibat jebolnya Bendung Cipamingkis ini, sebanyak 7.508 hektar sawah yang berada di Kabupaten Bogor dan Bekasi dikwatirkan gagal panen.

Camat Jonggol Beben Suhendar meninjau jebolnya Bendung Cipamingkis

Camat Jonggol Beben Suhendar mengatakan, kerusakan Bendung Cipamingkis sudah terjadi sejak satu tahun lalu, namun hingga kini belum ada perbaikan.

“Jika terus dibiarkan dan hujan tidak turun kontinyu, dikhawatirkan 7.508 hektar sawah dipastikan akan gagal panen akibat kekurangan air,” kata Beben di Jonggol, Kamis (20/4/2017).

Menurut Beben, jebolnya Bendung Cipamingkis milik Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum itu, telah dilaporkan kepada Bupati Bupati Nurhayanti dan Sekretaris Daerah Adang Saptandar. Bendung Cipamingkis yang dibangun pada 1980 itu, terletak 1 Km sebelah hulu Jembatan Cipamingkis.

“Saat ini saya bersama Pak Muhtar, sebagai pengamat bendung masih dilokasi. Jadi kerusakan bendung ini sudah mulai terjadi sejak tahun lalu, tapi belum ada perbaikan.

Jalur alernatif

Sudah satu pekan, Jembatan Cipamingkis yang menghubungkan Jonggol-Cariu, sebaliknya itu amblas. Hingga kini jalan tersebut masih ditutup, dan belum dilakukan perbaikan. Perbaikan Jembatan Cipamingkis ini membutuhkan dana sebesar Rp 7 miliar dalam waktu tiga bulan.

Jalur alternatif menyusul amblasnya Jembatan Cipamingkis

Warga sendiri telah membangun jembatan darurat dari bambu, yang hanya bisa dilalui sepeda motor, sementara untuk mobil tidak bisa, harus memutar lebih jauh untuk mencari jalan alternatif. Beberapa trayek angkutan yang melalui Jembatan Cipamingkis seperti Angkot Jurusan Jonggol -Cariu, Angkutan Cileungsi-Cianjur dan Bus Bekasi-Cianjur memilih tidak beroperasi

Namun, Kepolisian telah menyiapkan jalur alternatif (ngorobok Cipamingkis) menyusul patahnya Jembatan Cipamingkis, Bogor, Jawa Barat, pada Kamis (13/4/2017) malam. Jalur tersebut dialihkan ke Cibarusah hingga Loji, Karawang.

“Dengan adanya peristiwa tersebut, pihak Kepolisian Sektor Jonggol melakukan rekayasa lalin dengan mengamankan TKP. Mengingat penyangga jembatan sudah terkikis, maka jembatan menjadi menggantung sehingga amat berbahaya bila dilalui ranmor, termasuk pejalan kaki,” kata Kapolres Bogor AKBP AM Dicky Pastika.

Jembatan Cipamingkis merupakan akses vital yang menghubungkan Cariu dengan Jonggol. Dicky menjelaskan, untuk sementara, kendaraan yang akan menuju Cariu dialihkan melalui Cibarusah.

“Dari Cileungsi dialihkan ke Cikarang dan dari arah Cariu dialihkan ke Loji, Karawang,” tutur Dicky.

“Jalur alternatif ke Cipanas Taman Bunga, masuk dari Pasar Citeureup-Leuwi Bilik-Sukamakmur-Sukawangi-Taman Bunga Cipanas. Ditempuh hanya 1,5 sampai 2 Jam sampai Cipanas,” ucapnya.

Jembatan Cipamingkis berlokasi di Jalan Raya Jonggol-Cariu, Kampung Jagaita, RT 03 RW 02, Jonggol, Kabupaten Bogor. Diperkirakan patahnya jembatan karena derasnya arus sungai. [A1]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d blogger menyukai ini: