Bamsoet Ketua MPR Terpilih Periode 2019-2024
Pelantikan Bambang Soesatyo sebagai Ketua MPR Periode 2019-2024, Kamis (3/10/2019) malam

Bamsoet Ketua MPR Terpilih Periode 2019-2024

Jakarta (RJ) – Politisi Partai Golkar, Bambang Soesatyo (Bamsoet), terpilih secara aklamasi menjadi Ketua MPR periode 2019-20124. Ia didukung secara bulat oleh sembilan fraksi di MPR dan kelompok DPD RI di MPR.

Fraksi yang mendukung awlnya adalah Faksi PDIP, Partai Golkar, Partai Nasdem, PKB, PKS, Partai Demokrat, PAN , PPP dan Kelompok DPD.

Sementara Ahmad Muzani hanya didukung Partai Gerindra. Karena kalah suara, akhirnya Gerindra memutuskan memberikan dukungan kepada Bamsoet sebagai Ketua MPR, dan Ahmad Muzani mindur dari pencalonan.

Bamsoet dipastikan terpilih setelah penetapan dirinya disepakati oleh forum rapat paripurna pemilihan ketua MPR yang dipimpin oleh anggota MPR tertua, Abdul Wahab Dalimunte, dan anggota termuda Hillary Brigitta Lasut, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (3/10/2019) malam.

Bamsoet akhirnya diambil sumpah dan dilantik sebagai Ketua MPR Periode 2019-2024 bersama 9 Pimpinan MPR lainnya oleh Ketua Mahkamah Agung M Hatta Ali.

Adapun 9 Pimpinan MPR lainnya adalah Ahmad Basarah (PDIP), Ahmad Muzani (Gerindra), Lestari Moerdijat (Nasdem), Jazilul Fawad (PKB), Syarief Hasan (Demokrat), Hidayat Nur Wahid (PKS), Zulkifli Hasan (PAN), Arsul Sani (PPP) dan Fadel Muhammad (DPD RI).

Ketua Fraksi Partai Gerindra Ahmad Riza Patria menytakan, Gerindra akhirnya sepakat mendukung Bamsoet sebagai Ketua MPR, setelh dilakukan beberapa pertimbanga. Dengan begitu, Bamsoet secara musyawarah mufakat terpilih menjadi Ketua MPR.

“Kami, Fraksi Partai Gerindra, sudah sepakat dan setuju mengusung Pak Bambang Soesatyo Ketua MPR RI periode 2019-2024,” kata Ketua Fraksi Gerindra di MPR, Ahmad Riza Patria.

Pernyataan itu disampaikan Riza setelah Rapat Paripurna ditunda sekitar satu jam untuk memberikan kesempatan dalam melakukan lobi antar-fraksi dan kelompok DPD RI di MPR.

Riza mengungkapkan, berdasarkan hasil konsultasi Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto dengan Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri, pihaknya kemudian sepakat untuk kepentingan yang lebih besar.

Hal itu menurut dia untuk menjaga MPR dalam forum musyawarah dan putuskan kebijakan penting membangun bangsa dan negara. [A1]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d blogger menyukai ini: