Anies-Sandi Ditetapkan sebagai Pemenang Pilkada DKI

Anies-Sandi Ditetapkan sebagai Pemenang Pilkada DKI

Jakarta (RJ) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta menetapkan pasangan Anies Baswedan – Sandiaga Uno sebagai calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih periode tahun 2017-2022.

Penetapan ini melalui surat keputusan yang dibacakan oleh KPU.

Bismillah, maka pasangan Anies Baswedan – Sandiaga Uno ditetapkan sebagai gubernur dan wakil gubernur terpilih. Kita ucapkan selamat. Semoga beliau bisa menjalankan amanah lima tahun yang akan datang,” kata Ketua KPU DKI Jakarta Sumarno, Jumat (5/5/2017).

Sumarno mengatakan, penetapan tersebut sudah mendapatkan kepastian dari Mahkamah Konstitusi (MK). Selain itu, juga tidak terdapat pengajuan keberatan hasil Pilkada DKI 2017.

“Alhamdulillah, sekarang sudah menghasilkan gubernur dan wakil gubernur terpilih pilihan langsung oleh rakyat Jakarta,” ujar Sumarno.

Dari penghitungan KPU tingkat provinsi, pasangan calon nomor urut tiga Anies Baswedan dan Sandiaga Uno mengungguli pasangan petahana nomor urut dua Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan Djarot Saiful Hidayat.

Total keseluruhan suara di provinsi hasil putaran kedua Pilkada DKI 2017, pasangan Ahok – Djarot memperoleh suara sebanyak 2.350.366 atau sekitar 42,04 persen, sedangkan pasangan Anies – Sandi sebanyak 3.240.987 atau sekitar 57,96 persen.

Jaga amanah
Sementara itu, Gubernur terpilih DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan mengucapkan rasa terima kasih kepada semua pihak atas perhelatan Pilkada DKI Jakarta yang berjalan secara lancar.

“Kami berterima kasih pada semua. Ini adalah kemenangan bersama,” kata Anies dalam sambutannya.

Selain itu, Anies juga menyampaikan rasa terima kasih kepada Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Djarot Saiful Hidayat yang telah memimpin Jakarta.

“Kepada pada bapak Basuki Tjahaja Purnama dan bapak Djarot juga seluruh pendukung,” tutur Anies.

Usai ditetapkan sebagai gubernur terpilih, Anies berjanji akan membangun ibu kota dengan amanah yang telah diberikan kepadanya dan wakilnya Sandiaga Uno.

“Kami akan meneruskan membangun kota Jakarta. Mohon didoakan dalam menjalankan tugas,” ujar Anies.

Pelantikan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno sebagai gubernur dan wakil gubernur periode 2017-2022 akan berlangsung Oktober 2017 mendatang.  [A1]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d blogger menyukai ini: