Ajakan Golput kepada Masyarakat Bisa Dipidana

Bandung (RJ) – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Jawa Barat, akan mempidanakan pihak-pihak yang menyerukan untuk tidak memilih atau menggunakan hak pilih (ajakan golput/golongan putih) kepada masyarakat pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2017.

“Kalau ada orang yang berkampanye, melakukan propaganda, menghalang-halangi atau mendorong masyarakat untuk golput atau tidak datang ke TPS, Bawaslu Jabar tidak akan segan untuk mempidanakannya,” kata Ketua Bawaslu Jawa Barat Harminus Koto, di Bandung, Jumat (9/12/2016).

Ia menuturkan saat ini Pilkada Kota Cimahi menjadi perhatian khusus terkait seruan atau ajakan golput dari sejumlah pihak karena ada salah seorang calon wali kota yang menjadi tersangka kasus dugaan korupsi oleh KPK.

“Kami mengetahui ini akan menjadi kendala, salah satu calon ada persoalan. Namun, persoalan kepemiluannya tetap berjalan karena ini belum sampai pada inkrah,” ujar dia.

Bawasalu Jawa Barat menyontohkan kasus seruan golput yang terjadi di Kabupaten Tasikmalaya pada Pilkada serentak 2015 yakni ada pihak tertentu yang mengajak golput yakni dengan menyebarkan seruan kepada masyarakat pemilih untuk tidak menyatakan setuju atau tidak setuju di TPS.

“Dan sebelum kejadian maka kami akan melakukan tindak pencegahan, termasuk di Kota Cimahi. bahkan dirinya langsung memerintahkan Panwaslu Kota Cimahi untuk memantau secara ketat jika saja seruan itu terjadi,” kata dia.

Ia mengatakan Bawaslu Jawa Barat juga akan menginstruksikan kepada panitia pengawas pemilu (panwas) untuk mengingatkan masyarakat agar tidak golput pada Pilkada 2017.

Sementara itu, Ketua Badan Pemenangan Pemilu Daerah DPD Partai Gerindra Jawa Barat Sunatra mengendus adanya seruan golput dari sejumlah pihak di Pilkada Cimahi 2017.

“Jadi suara atau ajakan itu sudah ada. Jadi pada Minggu (4/12) saya ke Cimahi, sudah ada pernyataan para pendukung Atty mau golput. Justru saya berharap jangan golput, kalau ada hak politik secara konstitusional salurkan aja, terserah mau pilih yang mana,” kata dia.

Namun, sebagai warga negara yang baik dirinya dan Partai Gerindra mengajak kepada seluruh masyarakat agar mempergunakan hak pilihnya dan tidak golput pada Pilkada 2017 karena partisipasi warga akan menentukan arah kebijakan sebuah daerah yang ikut pilkada. [A4}

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d blogger menyukai ini: