7 RSUD di Jabar Dikembangkan Jadi Rumah Sakit Rujukan Regional, salah satunya RS Cibinong

7 RSUD di Jabar Dikembangkan Jadi Rumah Sakit Rujukan Regional, salah satunya RS Cibinong

Bandung (RJ)  – Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat akan mengembangkan tujuh rumah sakit daerah menjadi rumah sakit rujukan regional. Ini dilakukan sebagai upaya pemerataan layanan kesehatan bagi masyarakat Jawa Barat.

Kepala Dinas Kesehatan Jawa Barat Dodo Suhendar mengatakan, selama ini hanya Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) saja yang menjadi rumah sakit rujukan. Akibatnya beban RSHS terlalu besar. Selain itu juga menyulitkan masyarakat dalam mengakses layanan kesehatan. Terutama yang tinggal di lokasi yang jauh dari Kota Bandung.

“Kita ingin mencoba mengurangi beban RSHS dengan mengembangkan rumah sakit rujukan regional. Sehingga yang di daerah bisa dekat untuk berobat,” kata Dodo, di Gedung Sate, Jalan Dipenogoro, Kota Bandung, Jumat (7/4/2017).

Rencananya ada tujuh rumah sakit daerah yang akan dikembangkan sebagai rumah sakit rujukan regional. Di antaranya Rumah Sakit Cibinong, Rumah Sakit Syamsuddin Sukabumi, Rumah Sakit Gunung Jati Cirebon, Rumah Sakit Tasikmalaya, Rumah Sakit Al-Ihsan Bandung, Rumah Sakit Cibabat Cimahi, dan Rumah Sakit Karawang.

Untuk meningkatkan kualitas ke tujuh rumah sakit tersebut, pihaknya sudah menjalin kerjasama dengan Universitas Padjadjaran (Unpad). Dokter-dokter lulusan Unpad diharapkan bisa membantu pengembangan rumah sakit.

“Jadi ini dalam rangka pemerataan tenaga medis dan pemerataan pelayanan,”ucapnya.

Dodo melanjutkan, sebetulnya penetapan sebagai rumah sakit rujukan regional sudah dilakukan. Namun memang belum terlalu optimal. Diharapkan 2018 layanan rujukan terutama untuk penyakit tertentu bisa lebih optimal di tangani di daerah.

Untuk memberikan layanan kesehatan yang baik, tahun ini Dinkes Jabar mendapat jatah anggaran Rp 800 miliar. Dana tersebut akan digunakan untuk melengkapi sarana dan prasarana terutama alat kesehatan yang dibutuhkan.

“Kita akan mengasesmen kurangnya apa. Satu-satu dulu dilengkapi rujukan supaya bisa lebih optimal memberi pelayanan,” ujarnya. [A4]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d blogger menyukai ini: