5 Kuliner Bogor untuk Akhir Pekan Anda!

5 Kuliner Bogor untuk Akhir Pekan Anda!

Bogor (RJ) – Ingin berwisata yang tidak terlalu jauh dari ibu kota? Jakarta dikelilingi oleh kota-kota yang sangat pantas untuk dikunjungi saat akhir pekan tetapi kota Bogor memang sudah menjadi favorit warga ibu kota sejak lama. Mulai dari wisata alam, wisata hiburan hingga wisata kuliner, dapat Anda lakukan di Bogor dengan puas! Belakangan ini, banyak sekali kuliner yang sedang hits dan populer di Kota Hujan tetapi apakah Anda tahu kuliner asli khas Bogor yang juga patut dicicipi? Yuk, simak satu per satu supaya tahu yang mana yang cocok dengan selera Anda.

1. Toge Goreng

Ini dia satu menu yang pasti sudah familiar di telinga Anda! Mungkin Anda juga dapat menemukan penjual toge goreng di Jakarta tetapi rasa di tempat khasnya memang tidak ada duanya. Toge goreng terdiri dari toge rebus, mie telur kuning, tahu goreng dan kadang dengan potongan ketupat. Tidak ketinggalan adalah saus campuran tauco dan oncom yang akan disiram keatas campuran bahan-bahan tadi. Jangan lupa untuk menyantapnya saat masih hangat untuk kenikmatan yang pas!

2. Asinan Bogor

Apabila menu asinan sayur dan buah ada di pikiran Anda, pastinya Anda akan teringat asinan Bogor! Potongan sayur atau buah yang disiram dengan kuah asam pedas memang terdengar menggiurkan, apalagi kalau disantap bersama kerupuk mie dan kacang tanah. Hidangan perpaduan budaya pribumi dan Tionghoa ini juga mengalami inovasi baru dengan asinan jagung manis! Sepiring asinan biasa ditambah dengan parutan jagung yang memberikan rasa manis untuk dipadukan bersama rasa asam pedas dari kuahnya.

3. Doclang

Saat ini, sudah tidak banyak penjual doclang di kota Bogor tetapi hidangan ini jangan sampai Anda lewatkan apabila Anda menemukannya! Kuliner satu ini memang sangat spesial, terdiri dari pesor, tahu goreng, ketang rebus goreng, telur rebus dan dihidangkan dengan siraman saus kacang, kecap manis dan kerupuk. Jangan takut dengan namanya karena pesor sendiri adalah ketupat yang terbuat dari beras putih dan dibungkus oleh daun patat. Setiap bahan yang digunakan masih mengikuti resep aslinya, walaupun di zaman modern seperti sekarang!

4. Cungkring

Cungkring dapat dikatakan sebagai hidangan satenya koto Bogor. Hidangan ini tidak terbuat dari daging sapi, melainkan potongan kikil dan bagian kepala sapi yang akan dimasak dengan bumbu kuning serta disajikan dengan bumbu kacang manis. Mungkin Anda lebih familiar dengan sate dan lontong tetapi cungkring dapat Anda nikmati dengan nasi ketan yang dicampur dengan kelapa parut! Pastinya akan menjadi sensasi cita rasa yang baru untuk Anda, bukan?

5. Es Pala

Ingin minuman yang lezat, segar dan juga bermanfaat bagi kesehatan Anda? Cicipi es pala khas bogor! Es pala sangat digemari oleh orang Belanda pada masa kolonial dan terbuat dari irisan buah pala serta gula pasir. Malah ada sedikit garam untuk menambahkan sensasi kesegaran dalam minuman ini! Anda dapat merasakan manfaat kesehatan dari es pala seperti mengatasi insomnia, membantu pencernaan dan juga mengurangi nyeri datang bulan untuk para wanita. [A1]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d blogger menyukai ini: